Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Terjebak macet, seorang wanita yang tengah hamil tua terpaksa harus melahirkan anaknya di Pos Pengamanan Terpadu Exit Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Senin, (24/4).
 
"Alhamdulillah ibu dan anaknya selamat, meskipun harus melahirkan secara darurat di Pospam Terpadu Operasi Ketupat Lodaya Polres Sukabumi," kata Kepala Bagian Operasi Satlantas Polres Sukabumi Iptu M Damar Gunawan di Sukabumi, Senin.

Baca juga: Polisi bantu ibu hamil melahirkan di Jalinpatim
 
Informasi yang dihimpun dari pihak kepolisian, wanita hamil tersebut diketahui bernama Yani Nuryani warga
 
warga Desa Munjul, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Kejadian ini Berawal, Yani yang hendak melahirkan dibawa oleh ambulans dari Puskesmas Parungkuda untuk dirujuk ke RSUD Sekarwangi.
 
Namun karena kondisi arus lalu lintas padat, sehingga laju ambulans yang membawa ibu hamil tersebut terhambat. Dalam diperjalanan wanita yang tengah hamil tua tersebut terjadi kontraksi dan sudah tidak kuat ingin segera melahirkan.

Baca juga: Terjebak macet Bripda Sandi sigap selamatkan warga hendak melahirkan
 
Kondisi yang darurat akhirnya bidan Puskesmas Parungkuda membawa Yani ke Pospam Terpadu Exit Tol Parungkuda agar bisa mendapatkan pertolongan pertama. Bidan yang dibantu personel kepolisian yang tengah bersiaga akhirnya membawa Yani ke dalam sebuah ruangan di pospam terpadu tersebut dan akhirnya ibu ini berhasil melahirkan anaknya dengan selamat.
 
Damar mengatakan ibu itu berhasil melahirkan bayi perempuan. Namun, karena kondisi kesehatannya yang masih lemah Yani harus dirujuk ke RSUD Sekarwangi Cibadak sementara untuk bayinya dibawa ke Puskesmas Parungkuda untuk mendapatkan perawatan dan petugas medis.

Baca juga: Seorang ibu terjebak di Jalur Puncak saat hendak melahirkan
 
Sementara, Ikin (45) suami dari Yani mengatakan ia sempat panik dengan kondisi arus lalu lintas yang padat di sepanjang jalur Parungkuda. Tetapi, ia pun bersyukur meskipun istrinya harus melahirkan dalam kondisi darurat di Pospam Terpadu Exit Tol Parungkuda karena bisa melahirkan dengan lancar.
 
Ia pun mengucapkan terimakasih kepada para petugas kepolisian yang telah membantu untuk singgah di pospam terpadu ini dan mengawal istrinya agar bisa sampai di rumah sakit dengan cepat untuk mendapatkan perawatan medis karena memiliki riwayat darah tinggi.

Baca juga: Terjebak macet kampanye seorang ibu melahirkan di ambulans
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023