Jakarta (ANTARA) -
Masyarakat mengapresiasi jajaran Polri dan lintas instansi terkait lantaran menilai pengamanan dan pelayanan saat arus mudik dan balik Lebaran 2023 lebih baik daripada tahun sebelumnya.
 
Seturut rilis Divisi Humas Mabes Polri yang diterima di Jakarta, Jumat, pemudik mengungkapkan bahwa pengamanan, pelayanan, dan peraturan lalu lintas pada arus mudik dan balik Idulfitri 1444 Hijriah lebih terkelola.
 
"Perjalanan mudik dan balik pada tahun ini dari mulai perjalanan sekarang, sudah banyak polisi di pinggir jalan. Selain bisa membantu kalau ada kesusahan atau apa pun itu, untuk perjalanan ini sekarang sudah mulai lancar sekali perjalanannya. Jadi, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Aldin, pemudik asal Jawa Barat.
 
Aldin mengapresiasi pengaturan dan kebijakan lalu lintas oleh Polri sehingga pengalaman mudiknya lancar dan aman tanpa kemacetan yang berkepanjangan. Hal itu berbeda dengan pengalaman mudik tahun sebelumnya.
 
"Terima kasih banget, sudah bisa atur jalannya biar tidak terlalu macet banget. Biasanya arus mudik itu pasti macet banget. Akan tetapi, sekarang belum ada kemacetan yang parah banget dibanding sebelum-sebelumnya," kata Aldin.
 
Selain itu, masyarakat yang melakukan perjalanan menggunakan kereta api juga mengutarakan hal yang sama. Kurniawan, pengguna layanan kereta api, mengaku merasa aman selama di perjalanan.
 
"Terima kasih buat instansi Polri telah mengamankan pemudik yang makin tahun makin meningkat pengamanannya, terima kasih," ucap Kurniawan di Stasiun Senen, Jakarta.
 
Sementara itu, pemudik yang menggunakan jalur udara turut merasa puas karena tidak merasakan keterlambatan atau delay yang parah dari jadwal penerbangan.
 
"Mudik kali ini terasa sangat aman dan nyaman, ya. Delay tidak terlalu panjang. Arus lalin juga cukup lancar, tidak ada kemacetan berarti. Saat ini tiba dengan selamat sampai Jakarta. Terima kasih Pak Kapolri," kata I Wayan, pemudik asal Bali.
 
Di sisi lain, pengamanan di lokasi wisata saat libur Lebaran 2023 juga dinilai memuaskan. Berdasarkan pengalaman Faizudin, pemudik asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, titik-titik yang ramai dikunjungi atau dilintasi masyarakat dijaga oleh aparat kepolisian.
 
"Kami juga bersyukur para bapak polisi ini banyak di tempat wisata juga, termasuk di tempat ramai. Salah satunya kalau kami di Tanjung Pinang ini ada Pantai Lagoi dan ada tempat pantai. Tidak lupa juga di simpang-simpang juga banyak posko operasi Ketupat dari kepolisian," kata Faizudin.

Baca juga: Ketua MPR apresiasi Kapolri atas kelancaran arus mudik Lebaran 2023
Baca juga: Kemenhub: Lonjakan arus balik angkutan umum terjadi hingga 1 Mei

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023