counter

Bulog Jabar pastikan stok beras aman hingga Lebaran

Bulog Jabar pastikan stok beras aman hingga Lebaran
Pimpinan Perum Bulog Jabar M Attar Rizal saat memberikan keterangan di Bandung, Jawa Barat, Minggu (21/1/2024). ANTARA/Rubby Jovan

Kota Bandung, Jabar (ANTARA) - Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Jawa Barat memastikan stok beras untuk kebutuhan pokok masyarakat di 27 kabupaten/kota di wilayahnya mencukupi hingga Lebaran 2024.

Pimpinan Perum Bulog Jabar M Attar Rizal menyebutkan ketersediaan beras ada sebanyak 74.000 ton dan tidak lama lagi stok beras akan dikirim oleh pusat.

“Kami akan menambah lagi stok beras dari hasil panen bulan Maret, dari pengadaan dalam negeri,” kata Attar di Bandung, Jabar, Minggu.

Menurut dia, Bulog Jabar sudah bersiap untuk mengimpor beras dari luar negeri apabila tidak terjadi panen raya pada Maret mendatang, sehingga dapat dipastikan kebutuhan beras aman hingga Lebaran.

“Kalau tidak bisa diserap dari dalam negeri, kita harus ke luar negeri. Karena penting sekali buat perut kita,” kata dia.

Untuk menambah stok beras Jawa Barat, Attar mengungkapkan bahwa provinsinya akan mendapatkan tambahan stok beras sebanyak 88.000 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kemudian, nanti selama Januari sampai dengan Maret belum ada panen, kita akan menambah dari pengadaan luar negeri yang saya rasa cukup. Karena kapal yang akan datang mengirim 88.000 ton,” katanya.

Attar mengatakan untuk menekan harga beras, pihaknya masih akan terus menyalurkan bantuan pangan beras 10 kilogram kepada 4.445.601 penerima manfaat di Jabar hingga Juni 2024.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga masih akan terus menyalurkan beras dalam program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sampai akhir bulan Desember 2024 mendatang untuk mengantisipasi harga beras yang melonjak karena El Nino.

"Untuk mengatasi gejolak kenaikan harga dan daya beli, kita menyalurkan beras SPHP serta operasi pasar dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah. Tahun kemarin kita berhasil meredam kenaikan harga beras dengan cara ini," kata Attar.

Baca juga: Pemerintah alokasikan 8.000 ton beras bantuan El Nino untuk Garut
Baca juga: Bulog Jabar salurkan 42.000 ton beras per bulan untuk bantuan pangan
Baca juga: Ketersediaan beras Jabar dipastikan aman sampai akhir 2023

Pewarta:
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024

Pj Gubernur Jabar pastikan target inflasi tercapai dan stok beras aman