jalur tersebut masih digunakan dalam waktu terbatas
Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya  menyiapkan fungsional (difungsikan dalam kondisi tertentu) jalan tol Cimanggis-Cibitung untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan yang menuju ke arah timur.
 
"Kami menyiapkan jalur tol yang fungsional yaitu di jalur Cimanggis-Cibitung yang sudah kami survei dengan pengelola jalan tol sudah siap digunakan meskipun waktunya terbatas, " kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Doni Hermawan saat ditemui di Jakarta, Kamis.
 
Doni menjelaskan jalur tersebut masih digunakan dalam waktu terbatas karena jalur tersebut belum memiliki fasilitas yang lengkap sebagai jalan tol.
 
"Kami akan memfungsikan Tol Cimanggis - Cibitung itu di pukul 06.00 pagi sampai dengan 17.00 sore saja, " katanya.
 
Doni menjelaskan pelaksanaan fungsional jalan tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B segmen simpang susun Cikeas sampai dengan Cibitung Junction sepanjang 19,65 kilometer untuk dukungan pelayanan arus mudik dan balik mulai H-6 atau 4 April 2024 sampai H+6 atau 16 April 2024.
 
Kemudian pemberlakuan fungsional dengan satu jalur satu arah dengan cara seluruh akses gerbang tol difungsikan untuk keluar masuk jalan tol kecuali Gerbang Tol Setu Utara hanya dapat digunakan untuk akses keluar tol saja
 
Selain itu Doni menyampaikan masyarakat diharapkan dapat memilih perjalanan mudik sesuai dengan tanggal berdasarkan nomor kendaraan.
 
"Imbauan ke masyarakat agar bisa mengawali perjalanan mudik yang memang sudah tidak ada aktivitas, tidak ada kegiatan bisa mengawali perjalanan mudik lebih awal, sehingga kendaraan tidak terjadi penumpukan, " kata Doni.
Baca juga: Pemprov DKI memberangkatkan 279 bus program Mudik Gratis 2024
Baca juga: Polisi antisipasi peningkatan jumlah pemudik menjelang Idul Fitri
Baca juga: Pakar keuangan beri kiat membagi anggaran mudik

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024