Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengerahkan 1.500 personel untuk mengamankan malam takbir dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah di Jakarta pada Selasa malam.
 
"1.500 personel yang kita sebar ke seluruh Jakarta untuk mengantisipasi kegiatan malam takbir pada malam hari ini," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Latif Usman saat ditemui di Jakarta.
 
Latif menjelaskan, pihaknya juga sudah membuat sosialisasi dan mengimbau untuk pelaksanaan takbir dilaksanakan di mushala, masjid ataupun di lingkungannya masing-masing.
 
"Diharapkan (takbir) tidak menggunakan kendaraan bermotor, harapan kita demikian tetapi kita tetap mengantisipasi," katanya.

Baca juga: Polisi imbau pengendara jangan kelamaan di rest area untuk cegah macet
 
Latif juga sudah menyiapkan sejumlah titik penyekatan ataupun penjagaan di daerah perbatasan yang akan menuju Jakarta agar masyarakat tidak melakukan arak-arakan
 
"Kita sudah siapkan titik-titik penyekatan atau titik penjagaan untuk menjaga mereka tidak melakukan arak-arakan, seperti di Bekasi, Depok, Tangerang," katanya.
 
Kepolisian juga melakukan penjagaan di berbagai lokasi. "Titik-titik dalam kota, seperti Tomang, Slipi, Semanggi, Kuningan, Pancoran, khususnya jalur Gatot Subroto sampai Cawang," katanya.

Begitu juga jalur dari Fatmawati sampai Kota Tua. "Kita juga lakukan penjagaan," katanya.
 
Selain memutarbalikkan kendaraan yang melakukan konvoi, pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan kepada para pengendara.
 
"Kita lakukan sampai dengan pemeriksaan, misalnya dia membawa alat-alat yg berbahaya kita amankan, Tetapi sekiranya masih bisa persuasif kita putarbalikan atau kita edukasi," katanya.

Baca juga: Polres Jakut kerahkan 375 personel di malam takbiran
 
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengimbau kepada warga DKI Jakarta untuk tidak melakukan takbir keliling dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
"Kami mengimbau agar masyarakat tidak melakukan takbir keliling, masyarakat bisa merayakan malam takbiran di masjid agar lebih khusyuk, " katanya dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa.
 
Karyoto menjelaskan, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan kegiatan-kegiatan kepolisian, bersinergi dengan tiga pilar (Kepolisian, TNI, pemerintah) dan seluruh pemangku kepentingan.
 
"Kegiatan-kegiatan yang kami lakukan antara lain pemberian edukasi, imbauan, patroli dialogis, pengamanan giat masyarakat hingga penegakan hukum," katanya.
Baca juga: Polres dirikan pos pelayanan di kawasan Ancol saat libur Idul Fitri

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024