Pekanbaru, (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama rombongan pejabat utama melakukan pengecekan Pos Pengamanan(Pospam) Ketupat Lancang Kuning 2024 di Terminal Antar Kota Antar Provinsi(AKAP) di Pekanbaru, Minggu.

Irjen Iqbal menyebutkan ia ingin memastikan kesiapan Pospam dalam menjalankan perannya. Dia juga menekankan pentingnya verifikasi alat-alat yang berfokus pada pencegahan kecelakaan, sambil mengingatkan bahwa kecelakaan bisa disebabkan oleh faktor manusia.

"Saya juga pesankan kepada manajemen yang ada di terminal AKAP ini kita harus kerja, verifikasi alat-alat yang berorientasi kepada pencegahan kecelakaan,” katanya.

Oleh karena itu, ia memastikan bahwa semua personel terlibat, termasuk sopir dan kernet, siap untuk melakukan perjalanan jauh dengan penuh kewaspadaan dan mengingatkan pentingnya kelayakan kendaraan.

Ia pun turut memasang stiker verifikasi pada kendaraan yang telah lulus uji. Dia menegaskan bahwa setiap kendaraan yang melintas harus memenuhi standar keselamatan.

“Tadi saya dibawa memasang stiker pada salah satu bus. Ini memastikan kendaraan tersebut lulus verifikasi," lanjutnya.

Kapolda juga mengingatkan sopir untuk berhati-hati saat berkendara, mengingat faktor di jalan juga dapat menyebabkan kecelakaan. Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024 yang tengah berlangsung ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama arus mudik dan arus balik, serta mengurangi angka kecelakaan.

“Sopir dan kernet adalah sebagai penjamin keamanan dan keselamatan penumpang selama diperjalanan baik itu ke Medan, Sumatera Barat, Aceh dan kota-kota lainnya," tuturnya.
Baca juga: Ditjen Hubdat-Komisi V DPR pastikan kesiapan Terminal Purboyo Madiun
Baca juga: Terminal Kampung Rambutan pastikan kesiapan pengemudi dan bus AKAP
Baca juga: Terminal Pulo Gebang pastikan kesiapan hadapi lonjakan penumpang

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024