Jakarta (ANTARA) - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division menyampaikan masih ada 40 persen pemudik atau lebih dari 100 ribu kendaraan diprediksi akan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) hingga Senin, 15 April melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama.

"Jasa Marga memprediksi masih ada 40 persen pemudik atau lebih dari 100 ribu kendaraan yang akan kembali menuju Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama pada H+3 sampai dengan H+4 Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati di Jakarta, Minggu.

Menurutnya pihaknya bersama Kepolisian melakukan berbagai upaya rekayasa lalu lintas guna mengurai kepadatan, seperti melakukan buka tutup akses rest area jika dibutuhkan, mengoptimalkan gardu transaksi menuju Jakarta di GT kalihurip Utama, serta penambahan alat transaksi pembayaran melalui uang elektronik atau Mobile Reader.

Selanjutnya kanalisasi di Simpang Susun Pasteur untuk memisahkan lalu lintas dari arah GT Pasteur dan GT Cileunyi menuju Jakarta, dan mengoperasikan fungsional akses masuk Ruas Tol Jakarta-Cikampek Selatan sampai dengan Kutanegara agar menghindari kepadatan akibat pertemuan lalu lintas dari dua gerbang tol.

Lebih lanjut ia mengatakan para pemudik bisa mengoptimalkan lima rest area sepanjang Ruas Tol Padaleunyi dan Cipularang yaitu di KM 149, KM 125 (Padaleunyi), KM 97, KM 88, serta KM 72 (Cipularang). Adapun jika rest area padat, maka dapat melanjutkan perjalanan dan menggunakan rest area berikutnya.

Selain itu pihaknya juga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya guna menjamin kenyamanan pengguna tol selama arus balik.

Lebih lanjut dirinya mengatakan sampai dengan 14 April pukul 16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), terpantau peningkatan volume lalu lintas pada Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta, terlihat kepadatan di beberapa titik yaitu Rest Area KM 125 dan KM 97.

Baca juga: Polres Bantul prediksi puncak arus balik pemudik Lebaran pada 15 April

Baca juga: Kendaraan pemudik mulai padati pusat oleh-oleh Semarang

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024