Ini menjadi tradisi kami dan umumnya dilakukan juga oleh masyarakat menjelang Ramadhan,
Makassar (ANTARA) - Tempat Pemakaman Islam (TPI) ramai dikunjungi warga Kota Makassar dan sekitarnya pada akhir pekan jelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah.

"Ini sudah menjadi kebiasaan warga berziarah kubur ke makam keluarga menjelang Ramadhan," kata salah seorang peziarah Irwansyah di TPI Beroanging, Makassar, Sabtu.

Dia menambahkan, akhir pekan merupakan momen yang tepat untuk berziarah ke makam keluarga sekaligus membersihkan makam yang sudah penuh rumput dan alang-alang.

Untuk menuju makam, diakui harus melewati jalan utama yang macet oleh banyaknya kendaraan yang menuju ataupun balik dari TPI.

Hal yang sama dikemukakan peziarah di TPI Sudiang, Makassar, Daeng Ngalle. Menurut dia, setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri TPI selalu kebanjiran pengunjung yang berziarah ke makam keluarga.

"Ini menjadi tradisi kami dan umumnya dilakukan juga oleh masyarakat menjelang Ramadhan," ujarnya.

Akibat banyaknya pengunjung di TPI jelang Ramadhan ini memberikan keuntungan bagi penjual bunga yang berjualan di pintu gerbang makam.

Salah seorang diantaranya adalah Hasniah yang berjualan di kawasan TPI Panaikang, Makassar.

Menurut dia, dalam kondisi normal biasanya hanya 10 hingga 15 kantong bunga yang terjual dengan rata-rata satu kantong dijual seharga Rp10 ribu. Namun saat ini bunga yang dijualnya laris hingga tiga kali lipat dari biasanya.

"Menjelang Ramadhan ini sejak kemarin Jumat (3/4) sudah ramai pengunjung, termasuk hari ini dan besok puncaknya, " katanya.
 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019