Jelang Ramadhan 1440 H, pelajar Jayapura jadi pembersih makam

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Anak-anak pembersih makam di TPU Islam Abe pantai, Kota Jayapura. (ANTARA/Evarukdijati)
Jayapura (ANTARA) - David, pelajar SMP di kawasan Abe Pantai, Kota Jayapura, menyongsong Ramadhan 1440 H  menjadi pembersih pemakaman khususnya di TPU Islam Abe Pantai.

Profesi sebagai pembersih pemakaman sudah dilakukan sejak masih duduk di bangku sekolah dasar. Dengan bermodal sabit, cangkul dan sapu lidi setiap sore sejak Minggu (28/4) sepulang sekolah ia bersama teman-temannya sudah berada di TPU Abe pantai yang merupakan salah satu pemakaman bagi umat Islam yang ada di Kota Jayapura.

“Saya tidak menentukan besarnya tarif karena itu sesuai kerelaan,” kata David yang mengaku setiap hari memperoleh sekitar Rp 100.000.

Uang tersebut sebagian disimpan untuk membiayai kebutuhan sekolahnya, sedangkan sebagian lainnya diserahkan kepada ibunya dan untuk jajan bersama teman-temannya.

Di lokasi tersebut juga nampak penjual bunga dadakan berjejer di sekitar pemakaman yang memang ramai dikunjungi keluarga. Bunga-bunga  yang sebagian besar terdiri dari bunga bougenvil dan irisan daun pandan itu dijual seharga Rp 10.000/bungkus.

"Lumayan bisa menambah-nambah uang untuk membeli keperluan dapur," kata Maria salah satu penjaja bunga  yang juga menjual air untuk menyirami pusara.

Diakui, bunga-bunga dan daun pandan dikumpul di pagi hari dan kemudian diiris-iris serta dimasukkan ke dalam kantong plastik kecil yang di luar kepada para penziarah yang datang ke TPU Abe Pantai.

"TPU Abe Pantai biasanya ramai dikunjungi sekitar pukul 15.00 wit hingga pukul 18.00 wit dan setiap harinya dan hasil penjualan bunga berkisar Rp 75.000 hingga Rp 150.000,-, kata Maria yang mengaku tinggal di sekitar tpu.

"Sudah menjadi tradisi bagi keluarga kami untuk berziarah ke makam keluarga sebelum memasuki puasa," kata Farida yang mengaku berziarah ke makam orang tuanya .

Menurutnya, karena sudah menjadi tradisi maka saat berziarah diupayakan seluruh anggota keluarga turut serta.

“Orang tua kami dimakamkan di TPU Abe Pantai sehingga setiap menjelang puasa dan sebelum Lebaran kami sempatkan untuk berziarah,” kata Farida yang mengaku bermukim di kawasan Dok VII.

TPU Abe Pantai yang terletak di kawasan Abe Pantai, Distrik Abepura, Kota Jayapura, merupakan pemakaman khusus Islam yang berada sekitar 500 meter dari pinggir laut.

Untuk mencapai TPU Islam dapat dijangkau dengan mudah termasuk bila ingin menggunakan kendaraan umum termasuk menggunakan ojek.

TPU yang sudah ada sejak tahun 1970 an itu memang ramai dikunjungi penziarah menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri.
Pewarta:
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019