Jayapura (ANTARA) - PT Angkasa Pura Support (APS) Jayapura telah mengaktifkan kembali penggunaan smartcard untuk pembayaran karcis parkir kendaraan roda dua dan empat di Bandar Udara Sentani sebagai kesiapan menghadapi mudik Lebara 2019.

Senior Team Leader (STL) Bandar Udara Sentani Jayapura Kristofel Brabar kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan pembayaran karcis parkir kendaraan roda dua dan empat bandara di wilayahnya telah menggunakan sistem integrasi berbasis smartcard, namun sempat terhenti karena adanya gangguan.

"Sistem AINO atau pembayaran karcis parkir berintegrasi berbasis smartcard di Bandar Udara Sentani sempat terganggu selama tiga bulan dan kini sudah diaktifkan kembali," katanya.

Menurut Kristofel, kartu untuk pembayaran karcis parkir berbasis smartcard ini bisa diperoleh masyarakat dari semua bank yang beroperasi di wilayah Jayapura, di mana tujuannya agar masyarakat dapat membayar biaya parkir hanya dengan menggunakan kartu yang berisi uang elektronik (e-money).

"Ketika masyarakat dapat membayar uang parkir menggunakan kartu bukan uang tunai maka tidak akan menimbulkan kemacetan pada saat keluar dari bandara dan ini diharapkan dapat mengantisipasi hal-hal lain menjelang mudik Lebaran," ujarnya.

Dia menjelaskan pengaktifan kembali penggunaan smartcard ini juga agar masyarakat sebagai konsumen lebih mudah bertransaksi dan mempercepat arus keluar kendaraan.

"Dan juga demi keamanan kendaraan masyarakat yang parkir di Bandar Udara Sentani, kami telah memasang CCTV di semua titik sehingga dapat memantau kejadian-kejadian di wilayah area parkir baik kendaraan roda dua maupun empat," katanya lagi.

Dia menambahkan semua upaya ini dilakukan demi keamanan dan kelancaran mudik Lebaran tahun ini khususnya di kawasan Bandar Udara Sentani.

Baca juga: Aktivitas Bandara Sentani normal
Baca juga: Pembenahan terminal Bandara Sentani dianggarkan Rp50 miliar

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019