Jika terjadi lonjakan harga yang cukup tajam, maka dilakukan upaya untuk menstabilkan harga yaitu menggelar pasar murah
Koba, Babel, (ANTARA) - Harga bahan kebutuhan pokok di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, hingga hari kedua Ramadan tahun ini masih relatif stabil.

Kabid Perdagangan pada Disperindagkop Kabupaten Bangka Tengah, Royter Gebangka di Koba, Selasa, mengatakan hingga sekarang harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masih stabil.

"Kecuali harga bawang putih memang terjadi kenaikan dari Rp40 ribu per kilogram menjadi Rp70 ribu per kilogram," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan terus memantau kondisi harga sembilan bahan pokok di daerah itu karena berpotensi terjadi kenaikan.

"Kendati saat ini harga relatif stabil, namun tetap kami pantau kondisi harga terkini baik di tingkat agen maupun pedagang pengecer," ujarnya.

Pihaknya memiliki tim khusus untuk melakukan pemantauan terhadap harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di seluruh pasar daerah itu.

"Jika terjadi lonjakan harga yang cukup tajam, maka dilakukan upaya untuk menstabilkan harga yaitu menggelar pasar murah," ujarnya.

Menurut dia, melonjaknya harga bawang putih karena persediaan sudah habis di tingkat distributor.

"Namun demikian, harga bawang putih di Bangka Tengah jauh lebih rendah jika dibandingkan harga di Kota Pangkalpinang dan kabupaten lainnya," ujarnya.

Baca juga: Lipsus-Agar harga opor ayam dan hidangan lebaran tidak melambung
Baca juga: Pemerintah diminta antisipasi kenaikan harga pangan saat Ramadhan
Baca juga: Kemendag kawal kesiapan pemda antisipasi kenaikan harga pangan

Pewarta: Ahmadi
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019