Selama bulan suci Ramadhan secara bergantian kami akan mengunjungi 'basudara' (saudara) umat Muslim di empat kecamatan untuk melakukan silaturahmi dan saling berbagi
Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Provinsi Maluku, menggelar Safari Ramadhan 1440 Hijriah di 10 titik pada empat kecamatan, mulai 8 - 31 Mei 2019, sebagai bentuk silaturahmi kepada warga kota.

"Selama bulan suci Ramadhan secara bergantian kami akan mengunjungi 'basudara' (saudara) umat Muslim di empat kecamatan untuk melakukan silaturahmi dan saling berbagi," kata Kepala Bagian Kesra Pemkot Ambon, Abiljabar Raharusun, Rabu, di Ambon.

Ke-10 lokasi Safari Ramadhan 1440 Hijriah yang ditetapkan Pemkot Ambon akan dimulai dari rumah dinas Wali Kota Ambon, Masjid Dusun Bandari Negeri Rumah Tiga, Masjid Ar Rahim Dusun Telaga Pange Negeri Rumah Tiga, Masjid Air Az Zam-Zam Air Manis Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon.

Selanjutnya, Masjid As-Syukur Aster Hative Kecil, Masjid STAIN Amantelu, rumah dinas wakil wali kota bersama majelis taklim dan DPD Lasqi Kota Ambon, Masjid Raitul Makmur, Kelurahan Nusaniwe, Masjid Al Fallah Waihaong, Masjid Koramil Belakang Kota, dan Masjid Al Hijrah Kapaha, Kecamatan Sirimau.

Dikatakannya, safari ramadhan yang akan dilaksanakan itu merupakan komitmen pemerintah untuk menyikapi kerukunan antarumat beragama di Provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon.

"Kita berharap ibadah yang dilakukan memiliki nilai, karena pada siang hari menahan haus, lapar dan emosi, selanjutnya malam hari melakukan ibadah shalat tarawih dan sunnah lainnya," katanya.

Kegiatan tersebut, kata dia, juga didasari atas kesadaran yang ikhlas dan dalam suasana silaturahmi persaudaraan, damai dan berkah yang dimaknai dalam bulan suci Ramadhan.

"Kegiatan yang dilakukan secara bersama akan berdampak bagi peningkatan hubungan persaudaraan satu dengan lainnya, yang bermuara pada kesejahteraan seluruh masyarakat Kota Ambon," tandasnya.

Safari Ramadhan 1440 Hijriah ini juga akan berbagi dengan anak yatim piatu, majelis taklim, organisasi kepemudaan, serta memberikan santunan.

Penanggung jawab kegiatan Safari Ramadhan 2019, yakni Dinas Kominfo dan Persandian, Dinas Perhubungan, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Dinas Sosial Bagian Umum dan perlengkapan, Bagian Kesra, Bagian Komunikasi dan Pimpinan Protokol, demikian Abiljabar Raharusun.

Baca juga: Pemkot Ambon imbau tempat hiburan malam tutup tiga hari

Baca juga: Garuda Ambon tawarkan tarif khusus selama Ramadhan

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019