Banyak warga yang membeli beras Bulog karena harganya hanya Rp8.500/kg. Harga beras tersebut sangat murah dibandingkan harga beras yang dijual para pedagang di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Masomba dan Pasar Manonda berkisar Rp10.000/kg denga
Palu (ANTARA) - Beras dari Perum Bulog yang dijual di pasar murah dalam rangka Ramadhan dan Hari Raya Waisak yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi
Sulawesi Tengah di Kota Palu,  8-9 Mei 2019, laku keras.

"Kualitas berasnya bagus dan harganya sangat murah," kata Ny Fairidah,salah seorang ibu rumah tangga yang baru saja membeli beras yang dijual Bulog di pasar murah yang dipusatkan di lapangan Kelurahan Nunu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Rabu.

Ia mengatakan banyak warga yang membeli beras Bulog karena harganya hanya Rp8.500/kg. Harga beras tersebut sangat murah dibandingkan harga beras yang dijual para pedagang di pasar-pasar tradisional seperti Pasar Masomba dan Pasar Manonda berkisar Rp10.000/kg dengan jenis dan kualitas beras yang sama.

Itu sebabnya, banyak warga yang membeli beras Bulog untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan.

Hal senada dikatakan Ny Tin, seorang warga Kelurahan Tatura Selatan. Ibu rumah tangga itu mengatakan kehadiran pasar murah sangat menolong masyarakat sebab rata-rata harga yang ditawarkan distributor di pasar murah jauh lebih murah daripada di pasaran.

Selain beras yang harganya hanya Rp8.500/kg, juga beberapa komoditas lain yakni gula pasir dijual Bulog Rp11.000/kg dan minyak goreng Rp11.500/liter.
Hanya saja, untuk komoditas lain seperti bawang merah dan bawang putih, Bulog tidak menjualnya, sebab stok kosong.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Arief Latjuba mengatakan Sulteng akan mendapat pasokan bawang putih impor. Sekarang masih dalam proses pengangkutan ke Kota Palu.

"Kami berharap sebelum hari raya, pasokan sudah tiba dan dapat segera dipasarkan untuk menstabilkan kembali harga bawang putih di pasaran," kata dia.

Harga bawang putih di tingkat pengecer terus mengalami kenaikan karena  stok menipis dan permintaan masyarakat meningkat. Saat ini harga bawang putih mencapai Rp50.000/kg. Begitu pula harga bawang merah.

Kenaikan harga dipicu oleh permintaan masyarakat yang meningkat sementara stok terus berkurang.
(T.BK03/)
Beberapa ibu terpaksa duduk dilantai karena kelelahan antre berbelanja di pasar murah ramadhan di Palu yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng. (Antara/Anas Masa)

Pewarta: Anas Masa
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019