PMI Karawang datangi masjid akomodasi pendonor darah

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Seorang warga mendonorkan darah. (ANTARA Foto/Ali Khumaini)
Karawang (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan mendatangi masjid-masjid untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya selama bulan suci Ramadhan.

"Sesuai pengalaman sebelumnya, selama Ramadhan stok darah biasanya turun," kata Ujang, Kasubag Pelayanan Donor Palang Merah Indonesia setempat, di Karawang, Jumat (10/5).

Atas hal tersebut, kata dia, selama bulan suci Ramadhan pihaknya akan mendatangi masjid-masjid. Tujuannya untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya selepas shalat Maghrib atau setelah berbuka puasa.

Ia mengatakan, upaya mendatangi masjid-masjid dilakukan agar selama Ramadhan tetap ada masyarakat yang mendonorkan darahnya. Hal itu juga bagian dari upaya menjaga stok darah selama Ramadhan.

Diakuinya, selama Ramadhan jumlah pendonor darah menurun. Sepanjang minggu pertama Ramadhan ini saja, jumlah pendonor hanya beberapa orang. Padahal di luar Ramadhan jumlah pendonor biasanya mencapai 300-500 orang.

Untuk tetap menjaga stok darah, pihaknya tidak hanya mendatangi masjid-masjid selama Ramadhan. Tapi juga mendatangi gereja setiap minggu untuk mengakomodasi masyarakat nonmuslim yang ingin mendonorkan darahnya.

Pihaknya juga mendatangi instansi lain, termasuk markas TNI untuk mengakomodasi para pendonor darah.

Kilas NusAntara Siang

Pewarta:
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019