Rute pelayaran sedang dalam perencanaan untuk optimalisasi pelayanan
Kendari (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyiagakan kapal perintis Sabuk Nusantara 78 untuk melayani angkutan penumpang dan barang wilayah Indonesia timur, khususnya menyambut mudik Lebaran 2019.

Kepala Pelni Cabang Kendari Tavip Priadi di Kendari, Jumat, mengatakan kapal Sabuk Nusantara 78 satu di antara tiga kapal tol laut yang diproduksi PT Orela Shipyard, Gresik, Jawa Timur dengan bobot 2.000 gross ton (GT).

“Kapal ini diperuntukkan pelayanan angkutan penumpang dan barang wilayah timur Indonesia. Rute pelayaran sedang dalam perencanaan untuk optimalisasi pelayanan," kata dia.

Sebanyak dua kapal lainnya, adalah kapal kontainer KM Kendhaga Nusantara 7 dan KM Kendhaga Nusantara 9 dengan kapasitas 100 TEUs.

Kapal Sabuk Nusantara 78 memiliki panjang 68,5 meter, lebar 63 meter, tinggi 6,2 meter, kecepatan 12 knot, dan kapasitas penumpang 427 orang.

Selain kamar kelas ekonomi, kapal itu juga dilengkapi fasilitas berupa pendingin ruangan, televisi, dan kamar mandi dalam bagi penumpang VIP dengan kapasitas 26 orang.

Sebelum kedatangan kapal Sabuk Nusantara, Pelni Cabang Kendari juga mengoperasikan kapal KM Tilong Kabila, KFC Jetliner dan KM Sangiang untuk mengangkut penumpang mudik Lebaran pada tahun ini.

“Jetliner sedang perawatan fisik di Makassar. Dijadwalkan kembali melayani penumpang H-15 Idul Fitri dengan rute Kendari-Raha-Baubau-Wakatobi,” ujar dia.
 

Pewarta: Sarjono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019