Bawang putih juga memadai. Sampai Lebaran prediksi kita masih cukup. Sekarang Rp39.000-Rp40.000. Artinya sudah ada perbaikan suplai untuk memenuhi kebutuhan pasar
Pekanbaru (ANTARA) - Satuan Tugas Pangan Kepolisian Daerah Riau menjamin ketersediaan sembilan bahan kebutuhan pokok masyarakat setempat aman selama Ramadhan 1440 Hijriah

"Untuk ketersediaan sudah memadai, diprediksikan untuk kebutuhan masyarakat sampai Lebaran masih sangat cukup," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Riau Kombes Pol Gideon Arif Setiawan di Pekanbaru, Jumat.

Satgas Pangan Polda Riau juga memastikan pasokan sembako di daerah itu lancar dengan harga yang relatif stabil.

Satgas Pangan Polda Riau bersama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre Riau-Kepri serta Pemerintah Provinsi Riau telah menggelar inspeksi secara mendadak ke sejumlah sentra sembako di Kota Pekanbaru, di antaranya pasar induk sementara yang berlokasi di terminal bus Bandaraya Payung Sekaki Pekanbaru.

Dari kegiatan itu, dia mengatakan harga bahan kebutuhan dapur cenderung stabil, terutama harga bawang putih yang beberapa waktu lalu sempat melonjak tajam hingga mencapai Rp45.000 per kilogram, saat ini turun Rp40.000.

Dia mengatakan bahwa penurunan harga bawang putih tersebut dampak dari perbaikan pasokan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

"Bawang putih juga memadai. Sampai Lebaran prediksi kita masih cukup. Sekarang Rp39.000-Rp40.000. Artinya sudah ada perbaikan suplai untuk memenuhi kebutuhan pasar," kata dia.

Gideon juga memastikan bahwa persediaan bahan pangan lainnya, seperti bawang merah dan cabai, di pasar cukup dengan didukung suplai yang lancar, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan bahan pangan pokok menjelang Lebaran mendatang.

"Dari yang terpantau di Pasar AKAP ini, cabai ini sangat dekat dengan kebutuhan masyarakat di Riau, ini masih sangat toleran harganya, masih stabil dan ketersediaannya juga masih sangat baik," kata dia.

 

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019