Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan kendaraan yang dioperasikan saat mudik Lebaran
Solo (ANTARA) -
Terminal Tirtonadi melakukan "rampcheck" atau pemeriksaan menyeluruh pada angkutan Lebaran baik dalam kota maupun antarkota antarprovinsi untuk memastikan keselamatan penumpang.

"Kegiatan ini untuk memastikan kesiapan kendaraan yang dioperasikan saat mudik Lebaran," kata Kepala Seksi Angkutan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Surakarta Waskito Diantono di sela "rampcheck" di Solo, Senin.

Ia mengatakan pemeriksaan yang dilakukan meliputi administrasi kendaraan, seperti surat kendaraan, izin kir, dan juga administrasi kendaraan.

"Hanya ada tiga kriteria, yaitu kendaraan harus laik jalan, administrasi terpenuhi, dan standar pelayanan minimal harus ada," katanya.

Ia mengatakan kegiatan "rampcheck" akan terus dilakukan sampai arus balik Lebaran. Menurut dia, jika saat ini pihak terminal lebih fokus pada kedatangan kendaraan, pada arus balik mendatang akan fokus pada kendaraan yang akan berangkat.

Terkait dengan kendaraan yang tidak laik jalan pascadilakukannya "rampcheck", pihaknya akan memberikan rekomendasi agar kendaraan segera diperbaiki.

"Kami tidak lantas meminta kendaraan dikandangkan, tetapi agar diperbaiki. Kalau sejauh ini belum ditemukan kendaraan yang tidak laik jalan," katanya.

Sementara itu, pada kegiatan tersebut pihaknya sekaligus memasang stiker tanda laik jalan untuk kendaraan-kendaraan yang sudah lolos "rampcheck".

"Dengan adanya penempelan stiker artinya kendaraan tersebut layak jalan, itu memberikan kepastian untuk masyarakat. Kalau tidak berstiker maka kami tidak menjamin kelaikan kendaraan, bisa karena perizinan atau usia kendaraan," katanya.
 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019