Posko akan dibuka pada dua tempat yaitu di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda
Sidoarjo (ANTARA) - Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo Jawa Timur terus meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S +1C (Safety Security, Services dan Compliance) pada segala aktivitas, tak terkecuali saat arus mudik Lebaran Tahun 2019.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Yuristo di Sidoarjo Jawa Timur, Senin mengatakan peningkatan keselamatan penerbangan itu dilakukan untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para penumpang yang menggunakan fasiltas di Bandara ini.

"Kami terus meningkatkan pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan sesuai dengan program 3S +1C," katanya di Sidoarjo.

Selama lebaran tahun 2019 pihaknya telah mempersiapkan posko monitoring Angkutan Lebaran 2019 yang akan dilaksanakan selama 16 hari mulai H-7 Lebaran yaitu tanggal 29 Mei 2019 hingga H+7 atau 13 Juni 2019.

"Kami juga melibatkan pemangku kepentingan di Bandara Juanda untuk posko tersebut," ujarnya.

Dirinya merinci pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam posko monitoring Angkutan Lebaran 2019 itu di antaranya adalah Otoritas Bandara Wilayah III Surabaya, Lanudal Juanda, TNI AD, TNI AU dan juga dari kepolisian.

"Selain itu juga ada unsur tambahan lainnya seperti Airnav, Airlines, Ground Handling, BMKG, dan juga dari Basarnas," ucapnya.

Ia menjelaskan selain memberikan pelayanan kepada para pengguna jasa bandara selama periode Angkutan Lebaran 2019, posko ini secara khusus juga bertujuan untuk memonitor dan mencatat pergerakan angkutan udara Lebaran dan melaporkannya kepada Posko Terpadu Pusat.

"Posko akan dibuka pada dua tempat yaitu di Terminal 1 dan Terminal 2 Bandar Udara Internasional Juanda," ucapnya.

Ia menambahkan Bandar Udara Internasional Juanda akan beroperasi 24 jam selama Lebaran Tahun 2019 sesuai dengan Instruksi Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor: INST 02 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2019 (1440 H).

"Selama Bulan Ramadhan ini kami juga membagikan sebanyak 1.200 takjil setiap hari kepada calon penumpang baik itu di Terminal 1 Bandara Juanda juga di Terminal 2 Bandara Juanda," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019