Palembang (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan menggelar aksi solidaritas Palestina bersama sepuluh komunitas sekaligus berbagi takjil gratis di sekitar Bundaran Air Mancur Masjid Agung Palembang, Jumat sore.

Ketua koordinator Aksi, Rahmad Aris Lazuardi, mengatakan aksi bertema #Sumselselamatkanpalestina tersebut dilakukan untuk merespon serangan brutal Israel ke Wilayah Palestina dan menewaskan 26 warga setempat.

"Aksi ini bentuk solidaritas kita sebagai umat manusia, apalagi saat bertepatan dengan Bulan Ramadhan, sudah selayaknya masyarakat Sumsel membantu rakyat Palestina," ujarn Aris saat aksi.

Aris menerangkan, sejak awal Ramadhan Israel masih melancarkan bom-bom lewat serangan udara dengan menarget 60 wilayah sasaran, akibatnya 26 orang meninggal dunia, 177 orang luka-luka, dan sekitar 200 bangunan di sepanjang Jalur Gaza hancur lebur.

Membantu Palestina, kata dia, sudah menjadi fokus Pemerintah Indonesia karena tertuang dalam pembukaan UUD 1945, implementasinya terus dilakukan pada level diplomatik untuk membela hak-hak Palestina.

Tetapi dari sisi kemanusiaan, semua masyarakat Indonesia terutama Sumsel memiliki peran penting yang sama untuk membantu Palestina dalam bentuk apapun, sebab gempuran Israel mengakibatkan berbagai krisis di Palestina sampai saat ini.

"Kami mengajak masyarakat Sumsel tak sekedar mengetahui berita tentang Palestina, tapi ikut serta peduli dengan mengulurkan donasi, apapun bentuknya selagi berguna," jelasnya.

Selama Ramadhan, ACT telah mendistribusikan paket pangan dari IHC Gaza sebanyak 250 ton, selain itu setiap hari dapur umum ACT di Gaza terus memproduksi 500 paket sahur dan ifthar untuk warga prasejahtera di Palestina.

Bagi masyarakat Sumsel yang ingin membantu Palestina, ACT Sumsel juga terus membuka rekening donasi khusus Palestina melalui, BNI Syariah (66 0000 5505) a.n Aksi Cepat Tanggap.

Adapun donasi tersebut akan di konversikan dalam bentuk bantuan, ifthar, kado lebaran, dapur umum, water tank, pasokan listrik, dan kebutuhan pokok mendasar yang memang dibutuhkan Palestina.

Aksi solidaritas diikuti oleh Darul muhtadin, Irma Assalam, RPA Remaja Peduli Akhirat, KMBU, Wong Kito Hijrah, Syubanul Mustofa(Persela), IRLAS, RMPS, IRMUDA KHOIRUN, dan Bikers Subuhan.

Selain membentangkan spanduk dukungan, aksi solidaritas juga diisi dengan shalawatan, pembagian takjil dan Paket Foodvan Ramadhan untuk masyarakat setempat.

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019