Puncak arus mudik Bandara Tjilik Riwut diprediksi H-4 Lebaran

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Suasana di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah. (FOTO ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)
Palangka Raya (ANTARA) - Puncak arus mudik melalui jalur udara di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah, diperkirakan terjadi empat hari sebelum Lebaran 1440 Hijriah.

"Berdasarkan perhitungan kami, puncak arus mudik kemungkinan terjadi pada H-4 Lebaran," kata Pelaksana Harian Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Palangka Raya Bandara Tjilik Riwut Eri Braliantoro, Senin.

Sedangkan puncak arus balik, diprediksi terjadi pada H+3 Lebaran. Untuk itu berbagai persiapan telah pihaknya lakukan, guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran di kawasan Bandara Tjilik Riwut.

Salah satunya menyediakan penambahan penerbangan atau 'extra fligh' dengan rute Palangka Raya-Surabaya, pada 26 Mei-18 Juni 2019 mendatang. Extra fligh disediakan khusus rute ke Surabaya, sebab rute itu cukup potensial.

"Namun perubahan bisa saja terjadi seiring berjalannya waktu, sebab semua itu bersifat perkiraan. Yang jelas kami selalu siap menghadapi arus mudik Lebaran dengan memberi pelayanan secara maksimal," tegasnya.

Adapun penerbangan yang tersedia di Bandara Tjilik Riwut saat ini memiliki jumlah total sebanyak 17 kali keberangkatan dan 17 kali kedatangan.

Rute yang tersedia dari Palangka Raya meliputi tujuan Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Sampit dan Ujung Pandang.

Kemudian terhitung sejak 29 Mei 2019 mendatang, juga tersedia rute penerbangan baru, yakni Palangka Raya-Yogyakarta dan Yogyakarta-Palangka Raya.

Eri menjelaskan, khusus menyambut mudik Lebaran tahun 2019 pihaknya juga akan menyiapkan posko angkutan Lebaran. Posko ini akan difungsikan sejak H-7 dan H+7 Lebaran.

"Selain itu petugas yang piket pun akan kami atur dengan baik, sehingga nantinya tidak ada penumpang yang kesulitan maupun kebingungan saat berada di bandara," ujarnya.

Nantinya selain petugas dari Angkasa Pura II, pengamanan di kawasan bandara juga akan dibantu oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri dan pihak terkait lainnya. Tujuannya adalah untuk menjamin kenyamanan dan keamanan warga yang berada di bandara.

Baca juga: PUPR Kalteng siapkan posko lebaran untuk arus mudik

Baca juga: Mudik gratis dengan kapal laut tersedia di Kotim dan Kobar

Tes cepat antigen di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya

Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019