Harga berbagai produk perikanan seperti kerupuk kemplang, kricu, rusip dan lainnya lebih murah dibandingkan di pasar.
Pangkalpinang (ANTARA) - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bazar produk perikanan untuk membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah mempromosikan dan memasarkan produk menjelang Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Harga berbagai produk perikanan seperti kerupuk kemplang, kricu, rusip dan lainnya lebih murah dibandingkan di pasar," kata Sekretaris DKP Provinsi Kepulauan Babel, Harun di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan bahwa kegiatan bazar perikanan ini digelar selama tiga hari mulai Selasa (21/5) hingga Rabu (23/5) di halaman Kantor DKP Provinsi Kepulauan Babel. Jumlah UMKM yang dilibatkan dalam bazar ini sebanyak 38 unit tersebar di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Kegiatan ini salah satu agenda tahunan menyambut Hari Raya Idul Fitri, sehingga masyarakat bisa mendapatkan harga berbagai produk perikanan murah dan terjangkau," katanya.

Menurut dia pengunjung pada hari pertama bazar ini cukup ramai dan didominasi aparatur sipil negara dan tenaga honorer di lingkungan pemerintah provinsi, sementara masyarakat umum masih kurang.

"Kita sudah menyosialisasikan bazar produk perikanan ini, namun pengunjung masyarakat umum masih kurang, karena kondisi cuaca hujan yang kurang bersahabat mengakibatkan masyarakat enggan keluar rumah," katanya.

Ia memperkirakan pengunjung akan mengalami peningkatan pada hari kedua bazar, karena produk perikanan ini sangat diminati masyarakat untuk dijadikan oleh-oleh pulang kampung pada arus mudik lebaran ini.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu, permintaan produk perikanan sangat banyak, bahkan UMKM peserta bazar harus menambah stok untuk memenuhi permintaan pengunjung," ujarnya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019