Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan ruas jalan provinsi di sejumlah kabupaten bakal mulus pada H-5 Lebaran.

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di Palembang, Selasa mengatakan perbaikan jalan sudah bisa dilakukan karena beberapa waktu sudah ditetapkan pemenang tender paket pekerjaaannya.

Perbaikan jalan yang bakal dilakukan oleh Pemprov Sumsel, diantaranya ruas Kayuagung-Palembang dimulai dari Kelurahan Sukadana Kayuagung, SP. Padang, Jejawi hingga ke Simpang Kayuagung, Plaju Palembang

Wagub mengatakan dirinya sengaja meminta perbaikan jalan tujuan di Kecamatan Jejawi, karena sebelumnya menjabat sebagai Bupati Ogan Ilir.

“Terkait kerusakan jalan provinsi yang ada di Kecamatan Jejawi, janganlah masyarakat menyalakan bupatinya. Salahkanlah Herman Deru (gubernur) dan Mawardi Yahya," kata dia.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Darma Budhi mengatakan dalam rangka menyambut arus mudik lebaran maka perbaikan jalan yang dilakukan sebatas fungsional.

Peningkatan kualitas jalan yang dilakukan bersifat fungsional dengan melakukan penimbunan dan pengerasan (agregat). Meski tidak semua ruas jalan diaspal, paling tidak diharapkan dapat memperlancar lalu lintas yang diperkirakan akan semakin meningkat pada masa angkutan Lebaran.

“Kemungkinan belum pengaspalan, jadi hanya penutupan badan jalan berupa batu (agregat) dan diharapkan bisa membantu memperlancar lalulintas. Kami harapkan pengerjaannya dapat rampung pada H-5 lebaran,” kata Budi.

Pemilihan paket konstruksi ini, ia menjelaskan berdasarkan pertimbangan jalan yang sering dilalui pemudik saat Lebaran.

Dengan perbaikan tersebut, pengendara dapat melalui jalan provinsi ini dengan nyamat untuk kecepatan diperkirakan mencapai 40-60 km per jam.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019