Pemkab Kulon Progo santuni 134 pengayuh becak

Government sets beginning of fasting on May 6
Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo memberikan satunan kepada tukang becak yang beroperasi di sekitaran Kota Wates. ( ANTARA/Sutarmi)
Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyantuni 134 tukang becak yang sering beroperasi di seputaran Kota Wates menyongsong Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Santunan Rp150 berasal dari zakat Infaq Sodaqoh para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di lingkungan Pemkab Kulon Progo," kata Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo di Kulon Progo, Kamis.

Santunan itu berupa uang Rp150 ribu dan paket sembako mulai dari beras, minyak goreng, dan gula pasir,

Ia mengatakan penerimaan zakat ASN Kulon Progo terus meningkat, dan setiap bulan sekitar Rp400 juta, sehingga dalam setahun sekitar hampir Rp5 miliar.

"Gerakkan Zakat Infaq Sodaqoh PNS, Alhamdulillah sekarang setiap bulan itu terkumpul banyak dari PNS dan dalam 1 tahun mungkin bisa hampir Rp5 miliar," katanya.

Lebih lanjut, Hasto mengusulkan agar tukang becak diseragamkan, misalnya dengan mengecat ulang becaknya, khususnya menyambut bandara baru di Kulon Progo.

"Kepada pengayuh becak, kami berharap agar pelayanan kepada penumpang juga ditingkatkan. Sekarang tambah ramai semoga pengayuh becak juga bertambah rezeki," harapnya.

Tukang becak bergembira menerima bantuan ini, dan menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan sehingga dapat digunakan untuk meringankan kebutuhan menjelang lebaran.

Di Kulon Progo ada tiga tukang becak yang berusia di atas 75 Tahun, tetapi secara fisik tetap sehat. Antara lain, Mardi Suwarno yang lahir 31-07-1939, warga Terbah Wates, dan Samidjo Edy Harjosuwito yang lahir 12/13 1939 yang juga tinggal di Terbah Wates, tampak gembira saat mendapat bingkisan tambahan dan uang saku dari Bupati Kulon Progo.

Sementara itu, Ketua Baznas Kulon Progo Abdul Madjid mengatakan kegiatan ini merupakan penyaluran dana Baznas Kulon Progo. Sesuai data dari Dinas Perhubungan Kulon Progo jumlah pengayuh becak sebanyak 134 orang.

"Tiap orang mendapat bantuan Rp150 ribu. Semoga infaq semakin bertambah, dan nominal bantuan dapat bertambah," katanya.


Baca juga: Disnakertrans Kulon Progo buka Posko THR 2019
Baca juga: Ratusan paket sembako dibagikan Polda Banten kepada tukang becak
 

Takjil yang dibayar dengan doa

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019