Gorontalo (ANTARA) - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Gorontalo menyebut jika tahun 2019 terdapat tambahan kapal Pelni yang akan melayani arus mudik melalui pelabuhan di Provinsi Gorontalo.

"Tahun lalu untuk kapal laut yang masuk pelabuhan Gorontalo, hanya KM Sangiang dan Tilongkabila, Daraki Nusa dan perintis, namun saat ini bertambah," ujar Kepala KSOP Gorontalo Agustinus, Senin.

Kapal Pelni yang akan sandar di Gorontalo saat ini selain KM Sangiang, Tilongkabila dan Daraki Nusa bertambah Sabuk Nusantara 102, Sabuk Nusantara 59 atau kapal perintis.

"Saat ini kami melakukan penertiban alur embarkasih agar keberangkatan penumpang dapat berjalan dengan lancar," ujarnya.

Ia menyebut jika saat ini terjadi pengalihan penumpang dari pesawat ke kapal laut karena mahalnya harga tiket.

"Saat ini sudah terjadi, sudah terlihat dampaknya, kita sudah melakukan koordinasi dari awal semoga semua pelayanan bisa terpenuhi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Gorontalo Jamal Nganro mengatakan sejak 22 April 2019 pihaknya sudah melakukan rapat kesiapan dengan mengevaluasi kondisi tahun sebelumnya dan perencanaan tahun ini.

"Alhamdulillah semua pihak lintas sektor berkomitmen untuk menyukseskan angkutan Lebaran tahun ini," pungkasnya.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019