Sejak sepekan lalu hingga kini kami terus melakukan ramp check
Karawang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengoptimalkan kegiatan "ramp check" atau pengecekan kondisi bus angkutan mudik Lebaran 2019.

"Sejak sepekan lalu hingga kini kami terus melakukan ramp check," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arief Bijaksana Maryugo di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan sekitar sepekan lalu pihaknya telah mendatangi sejumlah perusahaan otobus yang ada di Karawang. Hal tersebut dilakukan untuk pengecekan kondisi bus.

Hasil pengecekan bus itu, kata dia, petugas Dinas Perhubungan Karawang menemukan beberapa bus angkutan lebaran di Karawang yang kondisinya perlu diperbaiki.

"Petugas menemukan ban angkutan mudik yang sudah gundul dan lampu sein yang tidak menyala sehingga perlu diperbaiki oleh perusahaan otobus pemiliknya," kata dia.

Ia telah menyampaikan ke perusahaan otobus terkait hal tersebut. Rekomendasinya ialah agar perusahaan otobus memperbaiki bus angkutan lebaran agar benar-benar laik jalan.

"Ramp chek akan terus dilakukan. Termasuk melakukan kegiatan pengecekan bus angkutan lebaran gabungan bersama jajaran kepolisian dan Dinas Kesehatan Karawang," kata Arief. 

Baca juga: Kemenhub targetkan uji kelaikan bus rampung H-7

Baca juga: Pengguna jasa bus diprediksi naik pada mudik 2019

Baca juga: Dishub Jabar siapkan 4.200 bus AKAP-AKDP terkait mudik

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019