Jelang mudik, Dishub inspeksi lalu lintas dan angkutan jalan

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Seorang penumpang sakit bersiap untuk menaiki KM Sangiang di Pelabuhan Gorontalo, Kota Gorontalo, Gorontalo, Senin (27/5/2019) ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/foc (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)

Gorontalo (ANTARA) - Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, menjelang arus mudik dan balik Lebaran 2019  melakukan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check) di Terminal Dungingi, Kota Gorontalo, Rabu.

Inspeksi  tahap kedua ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan kelancaran arus lalu lintas orang dan barang, pada masa angkutan Lebaran 2019.

“Ramp check ini yang kedua kali setelah sebelumnya dilakukan pada H-15. Kami berharap masyarakat dapat mudik dengan aman dan nyaman,” kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Jamal Nganro, Rabu.

Total kendaraan yang diperiksa sebanyak 12 unit, yang terdiri atas tujuan Bitung Sulawesi Utara 5 unit, tujuan Manado Sulawesi Utara 2 unit, tujuan Kotamobagu Sulawesi Utara 2 unit, tujuan Palu Sulawesi Tengah 2 unit, dan tujuan Anggrek (angkutan perintis) 1 unit.

Dari 12 unit kendaraan di Terminal Dungingi Kota Gorontalo, petugas menyatakan semuanya laik jalan.

Jamal menjelaskan pelaksanaan ram check ini meliputi 3 tahapan, tahap awal dilaksanakan pada H-15, kedua H-7, dan terakhir pada H-3.

Sejak awal kegiatan inspeksi kendaraan angkutan umum ini, Dinas Perhubungan telah melibatkan berbagai instansi terkait dengan angkutan darat, seperti Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Direktorat Lalu Lintas Polda Gorontalo, Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XXI.

Selain itu, juga melibatkan Direktorat Narkoba Polda Gorontalo, Badan Narkotika Nasional Provinsi Gorontalo, PT AK Jasa Raharja, Organda, Dinas Perhubungan Kabupaten Boalemo, Pohuwato, Gorontalo, dan Kota Gorontalo serta Petugas Penguji Kendaraan Bermotor (IPKBI).

“Kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dan kabupaten/kota serta dengan Kepolisian Daerah Gorontalo dalam rangka penegakan peraturan yang berlaku sebagai bentuk komitmen bersama melayani masyarakat,” tambahnya.


Baca juga: KSOP Gorontalo sebut ada penambahan kapal untuk mudik

Baca juga: Basarnas Gorontalo siaga khusus angkutan Lebaran

Baca juga: 400 penumpang berangkat mudik dari Pelabuhan Gorontalo

Gubernur Gorontalo hanya bisa berbicara dengan istri Wiranto

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019