Utamakan keselamatan di jalan. Kalau ngantuk atau lelang jangan memaksakan diri. Istirahat di di pos pengemanan atau tempat-tempat yang telah disediakan di sepanjang jalur mudik
Serang (ANTARA) - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Banten AKBP Edy Sumardi mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan kendaraan agar mengutamakan keselamatan di jalan, jangan ngebut, jika lelah istirahat di pos pengemanan terdekat..

"Utamakan keselamatan di jalan. Kalau ngantuk atau lelang jangan memaksakan diri. Istirahat di di pos pengemanan atau tempat-tempat yang telah disediakan di sepanjang jalur mudik," ujarnya.

Kepada masyarakat yang akan mudik, Edy Sumardi mengimbau untuk memastikan rumahnya dalam kondisi aman sebagai pencegahan tindak kejahatan.

"Aksi kriminalitas jelang hari raya raya seperti pencurian rumah yang ditinggalkan penghuninya marak terjadi. Kami imbau kepada masyarakat, sebelum mudik untuk mengecek dengan betul kondisi jendela dan pintu rumah. Pastikan terkunci dengan benar untuk mencegah aksi pencurian," katanya di Serang, Rabu.

Edy menuturkan, untuk mencegah aksi kriminalitas jelang hari raya, secara intens pelaksanaan patroli akan dilakukan. Tak hanya itu, Polda Banten dan Jajarannya juga menyiagakan anggotanya di perumahan warga yang sudah dipetakan sebelumnya.

"Personel kita sebar dan melaksanakan patroli ke perumahan warga yang banyak ditinggalkan penghuninya mudik. Pos-pos pengamanan juga kita siapkan di pusat-pusat keramaian guna mencegah pemalakan, copet, dan aksi kriminalitas lainnya," ungkapnya.

Menurut dia, mudik saat Idul Fitri dan hari besar lainnya merupakan trandisi bagi masyarakat di Indonesia, termasuk di Provinsi Banten untuk berkumpul bersama keluarganya.

Suka cita untuk mudik guna merayakan Lebaran, kata dia, jangan menjadikan masyarakat lalai terhadap kondisi rumah yang ditinggalkan sehingga memicu terjadinya pencurian serta tindak kriminal lainnya.

Baca juga: Polda Banten pantau mantan napi teroris jelang penetapan hasil pemilu

Baca juga: Panglima TNI-Wakapolri safari Ramadhan di Banten


 

Pewarta: Sambas
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019