Jakarta (ANTARA) - Ingin merasakan suasana dan tradisi Ramadhan yang berbeda di negara lain?

Saat ini, terdapat 50 negara mayoritas Muslim di dunia ini dengan populasi 1,8 miliar, lebih dari 20 persen penduduknya adalah Muslim. Dari data tersebut menunjukkan bahwa ada banyak hal yang dapat dieksplorasi mengenai berbagai cara merayakan Ramadhan oleh masyarakat yang tinggal di berbagai belahan dunia.

Berikut daftar lima negara yang seru dikunjungi saat Ramadhan, seperti dikutip dari siaran pers Traveloka.

Istanbul, Turki

Terletak di antara Asia dan Eropa - Turki, adalah negara dengan populasi Muslim yang luas dan paling unik di dunia, karena negara ini terbentang di dua benua, Asia dan Eropa. Budaya, tradisi, dan sejarahnya yang luas menyebabkan pengalaman Ramadhan di Turki akan berbeda dari yang lainnya.

Selama Idul Fitri, banyak wisatawan berduyun-duyun ke Istanbul untuk mengunjungi kota yang kaya akan arsitektur Islam, seperti Masjid Biru yang ikonik dan Hagia Sophia untuk mendapatkan pengalaman spiritual yang berbeda dari biasanya.

Tak hanya itu, jalan-jalan di Turki menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan karena berbagai pertunjukan di jalanan seperti layaknya karnaval. Setelah berjalan-jalan pastikan untuk menikmati masakan halal yang paling terkenal seperti Simit, Sucuk, Lahmacun dan masih banyak lagi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Burj Khalifa, World’s tallest building #Dubai ????:@steviekahn

A post shared by Dubai (@dubai) on


Dubai, Uni Emirat Arab

Selama bulan suci Ramadhan, pergi ke Dubai merupakan waktu yang ideal untuk merencanakan kunjungan ke negara ini karena tempat-tempat wisata populer tidak terlalu ramai.

Turis tidak perlu menunggu antrian yang panjang untuk mengunjungi gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Bahkan yang lebih menarik, selama bulan Ramadhan, tempat-tempat untuk turis menawarkan berbagai acara yang diselenggarakan oleh pemerintah setempat untuk mendidik masyarakat mengenai pentingnya bulan suci Ramadhan.

Selain itu, tenda yang dijajarkan di sepanjang pantai digunakan untuk prasmanan berbuka puasa jangan sampai terlewatkan. Penduduk setempat berkumpul untuk Iftar di tenda-tenda ini sambil menikmati permainan saat berbuka.
Maroko (HO/ist)

Maroko

Sebagai tujuan paling unik di Afrika, perpaduan warisan budaya, tradisi, dan pemandangan luar biasa di Maroko akan membuat Anda takjub dan terpesona dengan kombinasi budaya Arab-Afrika dan sejarah bohemian yang luar biasa unik di Maroko.

Bergabunglah dalam doa Idul Fitri khusus dan temukan masjid terbesar di Afrika, Masjid Hassan II, sambil menyaksikan pemandangan di bawah laut Samudra Atlantik yang spektakuler di bulan Ramadhan ini. Meskipun pilihan makanan dan minuman mungkin terbatas pada siang hari, bagi turis non-Muslim, masih ada makanan yang disediakan di hotel. Manjakan diri dengan kue-kue tradisional Maroko dan teh dengan rasa mint yang memiliki kelezatan unik selama musim Ramadhan.

Keindahan kota Maroko bisa disaksikan di malam hari, khususnya jalanan di Marrakesh yang menjadi sangat ramai setiap malam, dengan banyak pertunjukan yang dinanti-nantikan seperti pertunjukan jalanan, musisi, serta masakan khas Maroko yang dimasak penduduk setempat saat mereka berkumpul untuk mengagumi pertunjukan ini di sepanjang pantai Agadir dan Essaouira. Mencari lebih banyak petualangan? Marrakesh menawarkan berbagai kegiatan seperti naik unta, naik kereta dan bagi mereka yang berani menghadapi tantangan lebih, bisa bersepeda di gunung.

Kairo, Mesir

Ramadhan di Mesir dirayakan dengan dekorasi, doa, dan kegiatan budaya yang memberikan pengalaman unik. Rumah, restoran, pasar dan jalan-jalan diterangi dengan Fanoos tradisional yang berwarna-warni (lentera Ramadhan) untuk memperingati perayaan bulan suci.

Kairo juga memiliki banyak perayaan yang menyenangkan. Apabila kita memesan makanan di sini, Anda akan mendapatkan porsi yang berlebihan dari masakan Mesir. Bersosialisasi dengan penduduk setempat di kafe-kafe di trotoar di mana tenda-tenda dipenuhi dengan keluarga dan teman-teman yang santai sambil menikmati taamey, yaitu kombinasi makanan dengan bawang putih, bawang merah dan rempah-rempah. Kita juga dapat menikmati malam di Kairo dengan berjalan-jalan di El Moez Street, sebuah museum terbuka dan monumen Islam. Bergabunglah dengan penduduk setempat di bulan Ramadhan ini saat mereka menyumbangkan apa yang dimiliki kepada mereka yang membutuhkan, yaitu dengan mengumpulkan dana dan menyediakan makanan bagi mereka.

Kuala Lumpur, Malaysia

Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, Ramadhan di Malaysia dipersepsikan berbeda, dimana keragaman tradisi keagamaan dan beragam budaya tidak pernah gagal untuk memikat pengunjung ketika orang Malaysia saling merangkul satu sama lain.

Berpuasa di Malaysia dapat menjadi tantangan bagi sebagian orang karena cuacanya yang kurang bersahabat, namun pada siang hari di Kuala Lumpur tidak pernah sepi dengan orang yang berjalan - jalan dan berbelanja untuk Hari Raya. Anda dapat berbuka puasa bersama penduduk setempat dan dapatkan cita rasa berbagai jenis makanan lokal dan camilan khas Malaysia yang lezat di Bazaar Ramadhan.
 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019