Pelindo IV siapkan 21 pelabuhan layani mudik gratis

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Suasana pelepasan penumpang Mudik Gratis oleh jajaran Pelindo IV Makassar dan mitra BUMN di Makassar, Selasa (28/5/2019). ANTARA Foto/ HO/ Humas Pelindo IV
Makassar (ANTARA) - Tim Mudik Gratis PT Pelindo IV menyiapkan 21 pelabuhan untuk pelaksanaan mudik  Idul Fitri 1440 Hijriah dengan target pemudik sebanyak 3.000 orang.

Hal itu dikemukakan Dirut PT Pelindo IV Makassar Farid Padang menanggapi program mudik gratis melalui pintu Pelabuhan di Makassar, Kamis.

Sebanyak 21 pelabuhan di wilayah Pelindo IV yang melayani mudik gratis itu adalah Pelabuhan Makassar, Bitung, Pantoloan, Kendari, Gorontalo, Parepare, Tolitoli, Manado, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Nunukan, Tanjung Redeb, Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, Biak, Manokwari, Merauke dan Pelabuhan Fakfak.

“Pada Program Mudik Gratis tahun ini, kami menyiapkan 88 bus dan 27 kapal cepat. Dengan peserta mudik yaitu penumpang kapal laut dan masyarakat sekitar pelabuhan,” kata Farid.

Dia mengatakan, pada mudik Idul Fitri 1439 H/2018 M, kegiatan kapal terbanyak di Pelabuhan Manado, Nunukan dan Kendari yang merupakan angkutan penyeberangan antarpulau dengan total 1.232 unit.

Sementara itu, kegiatan embarkasi (keberangkatan) penumpang terbanyak melalui Pelabuhan Makassar, Balikpapan, Ambon, Parepare, Kendari dan Nunukan sebanyak 386.619 orang.

“Sedangkan debarkasi (kedatangan) terbanyak melalui Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon dan Kendari sebanyak 324.657 orang,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, realisasi mudik Hari Raya Idul Fitri tertinggi melalui Pelabuhan Makassar, Balikpapan dan Parepare. Pada 2017 total penumpang 634.392 orang, lalu 2018 sebanyak 711.276 penumpang dan tahun ini diestimasi sebanyak 756.549 penumpang.

Farid mengatakan, biasanya pada 'peak season' atau puncak mudik   Idul Fitri yaitu pada H - 15 dan H + 15 atau selama satu bulan.

Dia tak memungkiri, setiap musim mudik Lebaran pasti ada permasalahan yang terjadi utamanya di sekitar area pelabuhan. Untuk itu, pihaknya melalui sinergi dengan beberapa pihak selalu menyiapkan Posko Terpadu Mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 H bersama pihak terkait di area pelabuhan.

Selain itu, pihaknya juga selalu melakukan berbagai persiapan, kaitannya dengan kegiatan mudik Idul Fitri tahun ini. Misalnya untuk personel, pihaknya membentuk Tim Posko Terpadu PT Pelindo IV, Pelni, KSOP, Kepolisian, Kesehatan Pelabuhan dan instansi terkait lainnya.

"Kami juga membentuk tim internal PT Pelindo IV untuk melakukan pemantauan atau pengawasan langsung di lapangan," pungkas Farid.


Baca juga: Pelindo I angkut 1.990 orang warga Kepri mudik gratis antarpulau
Baca juga: Pelindo III tambah kuota mudik gratis hingga 30.000 tiket
 

Kapal AL Australia sandar di pelabuhan Makassar

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019