Ada tim yang langsung turun ke lapangan melihat ketahanan stok dan proses penyaluran ke masyarakat,...
Ternate (ANTARA) - Pertamina MOR VIII Papua, Maluku, Maluku Utara (Malut), menjamin, stok bahan bakar minyak (BBM) berbagai jenis tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Malut hingga pasca-lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Untuk ketahanan stok BBM di Maluku Utara sangat bagus, untuk jenis avtur tersedia 1526 kilo liter (kl) dengan ketahanan stok 54 setengah hari, premium 4243 kl dengan stok 19,5 hari, minyak tanah 3.195 kl dengan ketahanan stok 16,5 hari, bio solar 4403 kl ketahanan stok mendekati 10 hari, pertamax 1358 kl dengan stok 13 hari," kata Kepala Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina, Brasto Galih Nugroho saat menggelar konferensi pers di Ternate, Kamis.

Menurut dia, ketersediaan BBM di Malut sangat aman. Menjelang Lebaran sudah ada kapal yang akan sandar di terminal BBM di Ternate, Tobelo, Halsel, di Ternate pada 1 dan 2 Juni membawa BBM.

Selain itu, kata Brasto, untuk satuan tugas BBM dan elpiji yang bekerja 21 Mei hingga 20 Juni 2019, mereka telah memonitoring setiap hari stok maupun penyaluran di tingkat agen maupun terminal BBM.

"Ada tim yang langsung turun ke lapangan melihat ketahanan stok dan proses penyaluran ke masyarakat, sehingga MOR VIII diprediksi untuk BBM premium dan pertamax alami kenaikan, bahkan, untuk solar turun 20 persen, karena kebanyakan digunakan perusahaan yang tutup saat lebaran, begitu pula untuk kebutuhan elpiji untuk rumah tangga," kata Brasto yang didampingi Sales Marketing Executive V Pertamina Ternate, Hutamah Yoga Wisesa.

Dia menjamin Pertamina MOR VIII tetap menyalurkan BBM dan elpiji sehingga tetap terdistribusi secara baik dan bisa dirasakan masyarakat.

Bahkan, ada 20 kapal yang disiagakan untuk distribusi BBM di wilayah MOR VIII, bahkan di Namlea telah dilaunching pertamax, setelah Maluku Tengah dan Maluku Tenggara.

Di Ternate ada satu SPBU dan akan diberikan lagi di SPBU lainnya di daerah ini, bahkan pertamax konsumsinya naik 21 persen.
Meskipun Kota Ternate bukan jalur arus mudik yang terlalu padat, tetapi kebutuhan BBM untuk masyarakat di tetap terdistribusi.

Sementara itu, Sales Marketing Executive V Pertamina Ternate, Hutamah Yoga Wisesa ketika dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, untuk saat ini, BBM jenis pertalite stoknya masih tersedia hingga 22 hari ke depan

Oleh karena itu, warga diminta untuk tidak panik karena ketahanan stok BBM hingga pasca-lebaran aman, mulai produk premium, minyak tanah, solar, pertalite.

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019