Yogyakarta (ANTARA) - Sebanyak 2.040 pemudik yang mengikuti program mudik gratis dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta tiba di Terminal Giwangan Yogyakarta dengan menggunakan 51 armada bus disertai 104 unit sepeda motor yang diangkut empat truk.

“Penumpang sudah tiba secara berurutan di Terminal Giwangan sejak Jumat(31/5) dini hari sekitar pukul 01.00 WIB hingga 06.30 WIB. Ini baru pemudik yang mengikuti program dari Pemerintah DKI Jakarta saja, masih ada program mudik gratis lain yang juga akan tiba di Giwangan,” kata Kepala Satuan Pelayanan Terminal Giwangan, Bekti Zunanta di Yogyakarta, Jumat.

Perjalanan pemudik dari Jakarta hingga Terminal Giwangan Yogyakarta berjalan lancar dan pemudik yang membawa sepeda motor saat tiba bisa langsung mengambil  sepeda motornya  yang sudah terlebih dulu tiba di Giwangan.

Sementara itu hingga H-5 Lebaran, Bekti menyebut sudah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang datang maupun diberangkatkan dari Terminal Giwangan dibanding hari sebelumnya.

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 12.375 penumpang yang datang di Terminal Giwangan atau meningkat dibanding jumlah penumpang pada hari sebelumnya yaitu sebanyak 9.501 penumpang.

Sedangkan untuk penumpang bus antar kota antar provinsi yang diberangkatkan sudah mengalami kenaikan sejak tiga hari lalu, dengan jumlah penumpang lebih dari 11.000 orang setiap harinya.

Meskipun demikian, Bekti memperkirakan, puncak kedatangan penumpang di Terminal Giwangan Yogyakarta baru akan terjadi pada 2 Juni dengan sekitar 1.500 armada bus yang membawa sekitar 22.000 penumpang.

Secara keseluruhan, Bekti menyebut, jumlah penumpang dengan bus pada masa angkutan Lebaran 2019 tetap akan mengalami penurunan dibanding masa angkutan Lebaran tahun lalu dengan penurunan sekitar delapan persen.

“Jika dibanding dengan hari biasa, memang akan ada peningkatan jumlah penumpang. Tetapi jika dibanding dengan masa angkutan Lebaran tahun lalu maka akan ada penurunan,” katanya.

Sementara itu, untuk penumpang yang memilih moda transportasi kereta api mengalami peningkatan sebanyak 12 persen dibanding tahun lalu yaitu dari 132.068 penumpang menjadi 148.232 penumpang.

Penumpang yang turun di dua stasiun utama di Yogyakarta yaitu Stasiun Tugu dan Lempuyangan juga menunjukkan grafik kenaikan dibanding hari sebelumnya. Pada Jumat (31/5), jumlah penumpang yang turun di Tugu tercatat sebanyak 8.147 orang dan penumpang yang datang di Lempuyangan sebanyak 4.346 orang.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019