Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia  bersama komunitas pecinta kereta menyosialisasikan keselamatan di pelintasan sebidang untuk meminimalisir kecelakaan bagi pejalan kaki dan pengendara.

Deputy EVP 2 PT KAI Daop 1 Jakarta, Junaidi Nasution, Jumat mengatakan sekitar 50 orang terlibat dalam sosialisasi di pintu pelintasan 17, sebelah selatan Stasiun Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Aksi ini tidak hanya jelang lebaran, tetapi paling sedikit tiga kali dalam sebulan,” ujar Junaidi.

Dia mengimbau kepada para pengendara atau masyarakar untuk selalu berhati-hati, karena pintu perlintasan tidak menjadi satu-satunya alasan yang menjadikan pengendara aman dalam menyebarang.

“Kita melihat rambu-rambu, kalau palang pintu sudah tertutup, sirine sudah berbunyi, jangan menerobos,” tegas Junaidi.

Junaidi mengatakan angka kecelakaan di pelintasan untuk tahun 2018 tidak mencapai 10 kejadian. Kecelakaan itu sebagai besar terjadi di pelintasan liar atau yang tidak terjaga.

“Sekarang di pelintasan, kita bekerjasama dengan para relawan untuk menjaga agar tidak rawan lagi,” ujarnya.

Junaidi menambahkan di Jakarta terdapat 78 perjalanan kereta api regular dan sekitar 20-an kereta tambahan.

Selain sosialisasi keselamatan, PT KAI Daop 1 Jakarta bersama komunitas pecinta KA juga membagikan ratusan paket takjil, kepada penguna jalan yang berada di pintu pelintasan.

“Bersamaan dengan momentum bulan Ramadan, kami juga ingin berbagi kepada pengguna jalan yang sedang berpuasa, semoga bermanfaat,” harap Junaidi. ***1***

Pewarta: Fauzi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019