Sorong (ANTARA) - Puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Pelabuhan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat terjadi pada Jumat (31/5).

Kepala Kantor Syabandar Otoritas Pelabuhan Kota Sorong, Takwim Masuhu di Sorong, Jumat mengatakan bahwa puncak arus mudik lebaran dari pelabuhan kota Sorong ke luar tanah Papua pada hari ini (Jumat,31/5).

Dia mengatakan, kapal Pelni KM Tidar adalah kapal terakhir yang berlayar dari pelabuhan Kota Sorong 31 Mei menuju wilayah barat Indonesia sebelum perayaan lebaran.

Karena itu, kata dia, hari ini puncak arus mudik dari pelabuhan Sorong menuju Maluku, Sulawesi maupun pulau Jawa sebab kapal lainnya berangkat ke wilayah Indonesia bagian barat setelah lebaran.

Menurut dia, penumpang KM Tidar sudah pasti membludak karena merupakan kapal penumpang Pelni terakhir dari wilayah timur ke barat Indonesia.

Dikatakan, terjadi peningkatan penumpang kapal pada mudik lebaran 2019 disebabkan harga tiket pesawat mahal sehingga masyarakat memilih mudik dengan kapal karena harga tiket dapat dijangkau.

Pantau lapangan, Kapal Pelni KM Tidar yang merupakan kapal terakhir dari Sorong ke luar Papua padat penumpang para pemudik tujuan Maluku, Sulawesi dan Pulau Jawa.

Sebagian besar penumpang tidak mendapatkan tempat tidur, sehingga petugas kapal kewalahan mengatur penumpang sesuai nomor tempat tidur yang tertera pada tiketnya.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019