Kami melihat animo penumpang yang cukup tinggi, jadi ada kebijakan baru dengan mengeluarkan kereta api Lebaran ekstra. Baru dikeluarkan 1 Juni ini, jadi penumpang bisa membelinya.
Kediri (ANTARA) - PT Kereta Api Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, Jawa Timur, menyebutkan penumpang kereta api menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019 masih padat yang terindikasi dengan kursi penumpang yang selalu penuh.

"Hari ini juga banyak penumpang kereta api, soalnya tempat duduk juga habis. Kemarin juga terlihat dari data juga ada peningkatan," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko saat dikonfirmasi, Sabtu.

Di Stasiun Kediri, data pada 29 Mei 2019, jumlah penumpang yang naik mencapai 1.548 penumpang, sedangkan yang turun di stasiun hingga 1.560 penumpang. Sedangkan, pada 30 Mei 2019, jumlah penumpang yang naik 1.690 penumpang dan yang turun adalah 1.947 penumpang.

Untuk 31 Mei 2019, data penumpang yang naik di Stasiun Kediri adalah 1.848 penumpang sedangkan penumpang yang turun mencapai 1.502 orang penumpang. Diprediksi, hingga akhir pekan ini volume penumpang akan tetap tinggi hingga Hari Raya Idul Fitri 2019.

Ixfan mengatakan, PT KAI juga sudah menyiapkan kereta api tambahan yang baru dioperasionalkan secara resmi pada 1 Juni 2019. Kereta api kelas ekonomi itu jurusan Pasar Senen-Madiun.

"Kami melihat animo penumpang yang cukup tinggi, jadi ada kebijakan baru dengan mengeluarkan kereta api Lebaran ekstra. Baru dikeluarkan 1 Juni ini, jadi penumpang bisa membelinya," ujarnya.

Untuk harganya, ia mengatakan dijual seharga Rp300 ribu. Terdapat sembilan gerbong yang dioeperasionalkan, sehingga penumpang yang belum mendapatkan tiket untuk mudik bisa membelinya lewat stasiun maupun laman dari PT KAI.

Ia juga menambahkan, selain bisa membeli lewat aplikasi, calon penumpang juga bisa membeli lewat mitra dari PT KAI. Dengan itu, calon penumpang tidak perlu antre di stasiun dan tinggal memastikan apakah tiket masih tersedia atau sudah penuh.

Terkait dengan pengamanan, pihaknya juga memastikan petugas selalu berjaga baik di gerbong maupun stasiun. Selain ada petugas keamanan internal, juga ada aparat lainnya yang berjaga di stasiun. Dengan itu, diharapkan calon penumpang menjadi lebih nyaman saat naik kereta api.

Ia juga meminta agar calon penumpang berhati-hati dan selalu menjaga barang bawaan miliknya, serta ketika turun memastikan barang bawaannya tidak tertinggal di gerbong kereta api.

Baca juga: Presiden apresiasi kenyamanan warga yang mudik dengan kereta api
Baca juga: Jumlah penumpang kereta api Lebaran di Sumut sudah 63.667
Baca juga: Pemudik sampai Jumat malam padati Stasiun Gambir

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2019