Madiun (ANTARA) - Jalur mudik nasional Madiun-Surabaya ruas Madiun-Saradan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur terpantau oleh petugas kepolisian setempat lancar pada H-5 Lebaran 2019 hari Sabtu siang tanggal 1 Juni.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun AKP Imam Mustolih, Sabtu mengatakan kelancaran di jalur arteri tersebut didukung oleh adanya jalan tol yang sudah beroperasi penuh pada mudik Lebaran tahun 2019.

"Untuk jalur arteri perbatasan Kabupaten Madiun dengan Nganjuk biasanya sudah ada penumpukan dan kemacetan pada H-5 lebaran. Namun hari Sabtu ini terpantau masih lancar dan didominasi roda dua," ujar AKP Imam kepada wartawan.

Menurut dia, terjadi peningkatan sekitar 10 persen untuk jumlah pemudik dengan kendaraan roda dua yang melintas di jalur tersebut.

Sesuai data sementara, kendaraan lebih banyak yang masuk Madiun dari pada yang keluar Madiun ke arah Nganjuk. Untuk kendaraan roda dua dari arah Nganjuk masuk Madiun dalam sehari mencapai 420 unit dan roda empat 317 unit.

"Sedangkan untuk kendaraan truk tercatat sebanyak 191 unit dan bus sebanyak 45 armada," kata dia.

Untuk roda dua yang keluar dari Madiun menuju Nganjuk ada 305 armada dan roda empat 237 unit. Sedangkan truk 210 dan bus 35 armada.

Jumlah kendaraan tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah saat mendekati hari lebaran mendatang. Ia menilai peningkatan volume kendaraan akan terjadi mulai tanggal 31 Mei kemarin hingga 2 Juni seiring dimulainya libur cuti bersama.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019