Puncak kepadatan Tol Pandaan-Malang diprediksi "H+1" Lebaran

Government sets beginning of fasting on May 6
Pengendara mobil antre saat melewati gerbang jalan tol Malang-Pandaan, Singosari, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/6/2019). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/19)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - PT Jasa Marga Pandaan-Malang memprediksi puncak kepadatan arus lalu lintas di Tol Pandaan-Malang akan terjadi pada "H+1" perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang Agus Purnomo mengatakan bahwa proyeksi adanya lonjakan kendaraan yang melintas di Tol Pandaan-Malang tersebut dikarenakan masyarakat usai merayakan Lebaran Idul Fitri bersama keluarga akan menghabiskan waktu untuk berwisata.

"Puncaknya itu 'H+1' atau pada 7 Juni 2019, karena, setelah masyarakat berkumpul bersama keluarga, akan berbondong-bondong untuk berwisata ke Malang," kata Agus, di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jatim, Sabtu.

Wilayah Malang Raya merupakan salah satu destinasi favorit untuk berwisata bagi masyarakat Jawa Timur. Beberapa potensi wisata di wilayah Malang Raya di antaranya adalah Kota Batu, Kota Malang, dan Kabupaten Malang.

Letak Gerbang Tol Singosari yang dekat dengan akses jalan untuk menuju Kota Batu, sehingga diperkirakan akan terjadi kepadatan arus lalu lintas khususnya di persimpangan Karanglo, Kota Malang.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PT Jasa Marga Pandaan-Malang berencana membuka secara fungsional Seksi 4 Tol Pandaan-Malang, yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian. Proses pengerasan jalan untuk Seksi 4 tersebut sudah rampung 100 persen.

Sementara untuk rambu dan marka jalan dalam proses penyelesaian. Jika nantinya Seksi 4 tersebut dibuka, akan diberlakukan satu arah, hanya untuk tujuan wilayah Malang dan kecepatan pengendara akan dibatasi.

"Jika nanti ada kondisi kepadatan di Singosari, mungkin akan kami fungsionalkan yang seksi 4, itu hanya untuk keluar saja," ucap Agus.

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga Pandaan-Malang, tercatat jumlah kendaraan yagn melintas untuk tujuan Malang Raya mencapai 16.500 kendaraan per hari. Jumlah tersebut masih di bawah proyeksi yang diperkirakan mencapai 18.000 kendaraan melintas setiap harinya.

Tol Pandaan-Malang itu sendiri sesungguhnya terbagi dari lima seksi, dengan panjang mencapai 38,5 kilometer.

Seksi 1 adalah, Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 kilometer, seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer.Kemudian, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.(*)

Langkah PT Jasa Marga jelang puncak arus mudik

Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019