Sampai pagi ini sudah 115 pengemudi yqng dicek, 79 laik jalan, yang laik dengan catatan 33 orang dan yang tidak laik ada 3 orang
Jakarta (ANTARA) - Pengemudi bus di Terminal Kalideres dari berbagai perusahaan otomotif (PO) menjalani tes kesehatan dan tes urine sebelum membawa penumpang mudik 2019.

“Kita ditugaskan dari sudin (suku dinas kesehatan) melakukan pemeriksaan pengemudi H-7 hingga H+7 dari jam 8 hingga 5 sore. Pengemudi yang datang yang sebelumnya sudah disuruh sama Dishub (Dinas Perhubungan) akan kita periksa,” ujar Via, salah seorang dokter yang bertugas di Terminal Kalideres, Minggu.

Via mengatakan, setiap pengemudi akan menjalani pengecekan tensi, kadar gula darah, alkohol respirasi dan tes urine.

Baca juga: Terminal Kalideres tambah enam kamera pengawas kawal mudik 2019

“Sampai pagi ini sudah 115 pengemudi yqng dicek, 79 laik jalan, yang laik dengan catatan 33 orang dan yang tidak laik ada 3 orang,” kata Via.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan secara umum, beberapa pengemudi memiliki kadar gula yang mendekati ambang bawah yakni 80.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan menganjurkan pengemudi untuk mengonsumsi teh manis ketika berbuka puasa. Untuk pengemudi yang laik dengan catatan, didapati kondisi dengan tensi sedang di rentang 140-160 dan gula di atas 200 ml.

“Pengemudi dengan catatan boleh jalan, tapi kita berikan obat untuk lima hari. Nanti kalau balik ke sini lagi akan diperiksa kembali,” kata dokter yang biasanya bertugas di Puskesmas Palmerah itu.

Baca juga: Empat tahun Lebaran di terminal, Revi: "Bang Toyib" saja kalah

Sedangkan tiga pengemudi yang dinyatakan tidak laik mengemudi, dalam pemeriksaan ditemukan tensi mereka di atas 160 dan kadar gula di atas 200 dengan gejala seperti ngantuk berat dan berjalan sempoyongan.

Setelah lolos menjalani serangkaian tes kesehatan, petugas kesehatan akan menjelaskan kondisi kesehatan pengemudi dan memberikan surat kesehatan laik pengemudi.

Sementara itu, salah seorang petugas dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Aquino Sihotang mengatakan, setiap pengemudi yang memasuki Terminal Kalideres akan diminta untuk cek kesehatan.

“Ditanyakan dulu sudah pernah cek atau belum. Kalau belum ada surat hasil pemeriksaan, KTP pengemudi akan diambil, kita arahkan ke posko pemeriksaan,” kata Aquino.

Baca juga: Kepadatan di Terminal Kalideres berkurang

Baca juga: Petugas informasi Terminal Kalideres siap layani pemudik 24 jam

 

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019