Simpang Empat, Sumbar (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) siap memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama arus mudik dan libur Lebaran 2019.

"Setiap posko bersama yang didirikan petugas kesehatan disiagakan termasuk ambulans," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra di Simpang Empat, Minggu (2/6).

Menurutnya petugas kesehatan itu disiagakan sejak 30 Mei sampai 12 Juni nanti.

"Di posko utama Simpang Empat, kita membuat sistem piket bagi puskesmas terdekat dengan petugas medis, para medis, spopir dan ambulans," katanya.

Sedangkan di Kecamatan lain juga disiagakan petugas medis, ambulans dan peralatan medis.

Ia menyebutkan secara umum sekitar 20 puskesmas 24 jam dibuka untuk pelayanan selama Idul Fitri 1440 Hijriah.

Menurutnya 20 Puskesmas yang disediakan tersebar di 11 kecamatan yang ada.

Pihaknya juga menyiapkan mobil ambulans di puskesmas dan di posko pengamanan dan posko pelayanan yang didirikan oleh Polres Pasaman Barat.

"Adanya ambulans sebagai antisipasi bagi masyarakat yang membutuhkancepat dan darurat. Intinua kita siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan kesiapsiagaan puskesmas itu dilakukan untuk mewaspadai jika terjadi kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 14r0 Hijriah.

Pihaknya juga menyediakan tenaga medis pada pos pelayanan di sarana objek wisata seperti di Pantai Sasak dan Pantai Air Bangis.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019