Jajaran RS bergerak cepat, mengurai masalah sekecil apapun itu
Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama sejumlah asisten dan kepala dinas melakukan inspeksi pelayanan kesehatan di RSUD Soewandhie, Senin, pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama dan libur Hari Raya Idul Fitri.

Tiba di RSUD dr Soewandhie, Wali Kota Eri menyapa pasien-pasien yang sedang antre. Bahkan, dia meminta masukan dari para pasien tentang berbagai pelayanan yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya di rumah sakit milik Pemkot Surabaya.

"Jadi nanti harus ada perbaikan sistem antrean di RSUD Soewandhie," kata Eri usai menerima berbagai masukan dari pasien dan langsung mendiskusikan dengan manajemen RSUD Soewandhie.

Eri juga menyadari bahwa selama ini sistem antrean hingga waktu pelayanan sudah ada. Namun, dia menilai perlu ditambahkan sejumlah fitur yang dapat membuat pasien memiliki kepastian tentang pelayanannya dan juga cepat terlayani.

"Jadi, nanti pasien bisa memilih hari pelayanan dan kalau sudah penuh bisa pindah hari," ujar Eri.

Baca juga: Wali Kota Surabaya semangati para dokter di RSUD Soewandhie

Baca juga: Vaksinasi booster di Surabaya digencarkan jelang mudik Lebaran


Selain itu, dia bersama manajemen RSUD Soewandhie juga membahas skema pelayanan di masing-masing poli, mulai dari paru, jantung, bedah umum, THT, gigi, ortopedi, bedah syaraf, mata, dan poli lainnya.

Bahkan, lanjut dia, berbagai sistem yang kelihatan lamban juga didiskusikan dan langsung dicarikan solusinya supaya lebih cepat.

"Saya minta jajaran RS untuk bergerak cepat, mengurai masalah sekecil apapun itu dan segera mencari solusi," ujar dia.

Selain itu, dia juga mengaku terus memperkuat interkoneksi antara puskesmas sebagai fasilitas kesehatan tingkat I dan rumah sakit sebagai rujukannya. Interkoneksi berbasis daring ini terus diperkuat, sehingga nyambung kilat seluruh fasilitas kesehatan tingkat I di Surabaya dengan fasilitas kesehatan rujukan di atasnya, termasuk RSUD milik Pemkot Surabaya.

"Semua harus berbasis daring. Aplikasi e-healt yang dikembangkan harus benar-benar optimal. Ayo diubah demi pelayanan terbaik untuk umat Surabaya," kata Eri.

Wali Kota Eri juga meminta orang-orang yang bertugas di front office atau yang bertugas di depan rumah sakit harus dipilih dan disiapkan orang-orang khusus. Bahkan, dia mengaku ingin melatih mereka secara khusus, supaya komunikasi mereka dengan warga bisa semakin membaik.

"Meskipun dibagi per-shif, tapi orang-orangnya harus tetap orang yang sama, tidak ganti orang. Karena kalau ganti orang, komunikasi lisannya pasti berbeda-beda," ujar dia.

Melalui berbagai perbaikan ini, Eri berharap pelayanan di RSUD Soewandhie dan puskesmas se-Surabaya bisa semakin membaik.

Baca juga: Dinkes: Puskesmas se-Surabaya tetap layani warga selama libur Lebaran

Baca juga: Wali kota minta kualitas layanan puskesmas di Surabaya ditingkatkan


 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022