Jambi (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi mencatat sejak berlangsungnya arus mudik yang melintasi Provinsi Jambi hingga H-2 lebaran Idul Fitri 1440 H, ada dua orang korban jiwa yang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan lintas Sumatera.

Direktur Lalu Lintas Polda Jambi, Kombes Pol Yuni di Jambi, Senin mengatakan sampai saat ini jumlah korban jiwa yang meninggal dunia akibat kecelakaan di jalan raya ada dua orang di tempat kejadian yang berbeda yakni pertama di jalan lintas Sumatera pada Kabupaten Merangin dan Kabupaten Tebo.

Data yang dihimpun Direktorat Lalu Lintas Polda Jambi, kecelakaan yang menelan korban jiwa pertama terjadi di Kabupaten Tebo dimana korban tewas akibat kecelakaan antara Bus Medan Jaya dengan mobil truk yang mengakibatkan korban tewas dari mobil truk.

Sedangkan kejadian yang menelan korban jiwa kedua terjadi di jalan lintas Sumatera, tepatnya di Kabupaten Merangin, dimana korban tewas akibat kecelakaan antara mobil pribadi jenis Toyota Avanza dengan mobil truk dimana korbannya yang meninggal dunia dari mobil Avanza.

"Melihat kondisi korban yang tewas akibat kecelakaan tersebut sebagian besar mereka mengalami luka serius di bagian kepala akibat benturan dari kendaraan yang melaju dengan kencang sehingga tidak bisa dikendalikan lagi," kata DIrlantas Polda Jambi, Yuni.

Pihak kepolisian meminta kepada para pengendara atau mengguna jalan raya baik itu kendaraan roda empat dan dua, agar mewaspadai pada saat melintasi jalur mudik adalah dari segi keamanan, karena jika dilihat dari jalurnya atau jalan yang dilintasi cukup bagus semua atau dalam kondisi baik-baik, di lintas tengah dan timur Sumatera yang di wilayah Provinsi Jambi cukup bagus.

"Untuk kondisi jalan cukup bagus dan laik dilewati para pengendara dan hanya saja yang perlu diwaspadai adalah dari segi keamanan saja, dan bagi pengendara agar tidak memaksakan diri untuk berkendaraan karena jika kondisi lelah bisa terjadi kecelakaan maka dari itu perlu istirahat pada pengemudi," kata Yuni.

Kemudian juga pada tahun ini, pihak Dirlantas Polda Jambi juga sudah mempersiapkan banyak rest area di sepanjang jalur mudik tahun ini dan berharap kepada para pengemudi roda dua dan empat agar tetap waspada dan beristirahat, jangan memaksakan diri untuk tetap terus berkendara.

Pihak Dirlantas Polda Jambi juga kemarin sudah berkeliling melakukan pengecekan pos pelayanan dan pengamanan di beberapa ruas jalan di lintas Sumatera dari Kota Jambi menuju ke beberapa kabupaten dalam provinsi dan itu dilakukan untuk memastikan kondisi jalan dan pelayanan dari para petugas yang ditugaskan pada pos masing-masing.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019