Penambahan pekerja harian ini merupakan persiapan libur Lebaran, karena saat itu jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang cukup signifikan
Jambi (ANTARA) - Taman wisata "Kampoeng Radja" di Jambi menambah pekerja harian sebanyak 81 orang untuk mempersiapkan libur Lebaran (Idul Fitri) 1440 Hijriah.

“Penambahan pekerja harian ini merupakan persiapan libur Lebaran, karena saat itu jumlah pengunjung mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” kata Manajer Marketing Taman Wisata Kampoeng Radja Jambi, Luara Prasasti, di Jambi.

Ia menjelaskan saat libur Lebaran, dalam satu hari pengunjung taman wisata itu mencapai ribuan. Biasanya taman wisata itu mulai dikunjungi oleh masyarakat dari H+2 hari raya.

Pekerja harian tersebut dikontrak oleh pengelola taman wisata selama empat sampai lima hari. Mereka akan ditempatkan di wahana-wahana permainan yang terdapat didalam taman wisata itu.

Pekerja harian tersebut diberikan pembekalan oleh pengelola taman wisata. Pengelola menginginkan pelayanan yang diberikan lebih prima serta agar kemampuan yang dimiliki pekerja harian lepas tersebut dapat setara dengan 41 orang karyawan tetap di taman wisata itu.

Selain lakukan rekrutmen terhadap pekerja harian, taman wisata itu turut melakukan beberapa pembenahan terhadap beberapa wahana.

“Pembenahan secara menyeluruh tidak ada, hanya saja kita lakukan persiapan seperti penambahan jumlah pintu masuk dan merenovasi beberapa wahana permainan,” kata Luara Prasasti.

Di antaranya penambahan jalur masuk menuju taman wisata. Biasanya jalur masuk ke taman wisata buatan itu hanya satu jalur, saat libur Lebaran nanti akan dibuka beberapa jalur masuk, yakni jalur masuk kendaraan roda empat sebanyak lima jalur, kendaraan roda dua, dua jalur dan satu jalur khusus bagi pengunjung pejalan kaki.

Penambahan jalur masuk tersebut dipersiapkan karena pada libur Lebaran selalu terjadi lonjakan jumlah pengunjung pada taman wisata itu.

Tidak hanya menambah jalur masuk menuju taman wisata, pengelola taman wisata itu juga lakukan renovasi terhadap beberapa wahana. Tujuannya agar pengunjung mendapatkan layanan yang lebih baik lagi.

“Kalau tambahan wahana tidak ada, hanya saja kita lakukan renovasi dan penambahan fasilitas di beberapa wahana, seperti diwahana out bond kita tambah fasilitas ayunan bertingkat dan di kolam renang kita tambah fasilitas Foam Party (mandi busa) serta kita lakukan perubahan tata letak terhadap beberapa wahana” kata Laura Prasasti.

Sementara itu, pada libur Lebaran nanti, pengelola taman wisata itu memberikan promo tiket masuk. Di mana dengan membeli tiket masuk seharga Rp50 ribu/orang, pengunjung dapat bermain sepuasnya lima macam wahana permainan yang terdapat di taman itu.

 Di antaranya wahana konvoi bus, "flying pirates", mutar-muter, ombang-ambing dan sepeda layang.

Sementara untuk menjajal jenis wahana lainnya seperti sepeda air, "outbond", "paint ball" dan "extreme flying fox" dikenakan tarif kembali dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp5 ribu/orang hingga Rp25 ribu/orang.

Baca juga: Warga luar daerah padati pusat perbelanjaan di Jambi

Baca juga: Gubernur dan Kapolda tinjau arus mudik di Bandara Sultan Thaha

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019