Banjarmasin (ANTARA) - Ribuan penumpang yang akan mudik untuk berlibur Lebaran, yakni, Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di kampung halaman berangkat dari terminal induk kilometer enam (KM-6) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin.

Menurut Komandan Posko Terpadu di Terminal KM-6 Banjarmasin dari Dinas Perhubungan Provinsi Kalsel M Yusuf, yang paling banyak datang untuk tujuan Antarkota Antarprovinsi (AKAP).

"Khususnya untuk tujuan Banjarmasin-Samarinda-Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), hari ini puncaknya mudik," ujarnya.

Dikatakan dia, kebiasaan bus yang berangkat seharinya sekitar sepuluh buah, hari ini lebih 20 buah bus diberangkatkan.

"Rata-rata bus berangkat dengan isi penuh, jadi ribuan yang diberangkatkan hari ini," tuturnya.

Bahkan, kata Yusuf, kedatangan penumpang dari Samarinda dan daerah lainnya di Kaltim ke Banjarmasin ini juga sangat banyak, daripada hari biasa.

"Yang pulang ke Banjarmasin juga banyak, sepuluh bus lebih," ujarnya.

Untuk tujuan AKAP ke wilayah Palangkaraya, Sampit dan Pangkalanbun, Kalimantan Tengah (Kalteng) juga mengalami peningkatan signifikan pada H-2 ini.

"Biasanya bus yang berangkat tidak sampai 10 buah, hari ini lebih 15 buah," ujarnya.

Yusuf menyatakan, untuk keberangkatan penumpang mudik hingga sore atau armada terakhir, karena tidak ada jadwal keberangkatan malam hari, berjalan lancar.

"Memang akibat tiket pesawat cukup mahal belakangan ini membuat banyak pemudik memilih lewat darat," tuturnya.

Sementara untuk jurusan Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) untuk tujuan Banua Enam dan Batulicin-Kotabaru, adapula mengalami lonjakan.

"Tapi tidak terlalu signifikan, untuk ke Banua Enam itu sekitar 10 buah armada L-300 yang berangkat penuh," tuturnya.

Sementara, lanjut dia, untuk jurusan Batulicin dan Kotabaru ada penambahan unit sekitar tiga bus mini yang diberangkatkan hari ini dari hari-hari biasa.

Diutarakan Yusuf, puncak mudik di terminal KM-6 Banjarmasin ini juga dipantau Kapolda setempat dan Sekdaprov.

"Tadi pa Kapolda dan Sekdaprov datang langsung memantau kondisi di terminal, bahkan naik bus untuk bersilaturahmi dengan pemudik," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019