Bangkalan (ANTARA) - Pemudik dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, Senin sore, mulai memenuhi jalur mudik di Jembatan Suramadu dari arah Surabaya, menuju Bangkalan.

Untuk mencegah terjadinya antrean kendaraan, petugas terpaksa menambah pintu masuk kendaraan roda empat.

"Tapi lonjakan pengendara roda dua ini hanya dari arah Surabaya yang hendak menuju Bangkalan, sedangkan dari arah sebaliknya, yakni dari Bangkalan menuju Surabaya sepi," kata Kasubag Humas Polres Bangkalan Iptu Suyitno.

Pada mudik Lebaran 1440 Hijriah kali ini, Polres Bangkalan menerjunkan sebanyak 197 personel gabungan dari satuan lalu lintas, reskrim, intelkam dan Sabhara Polres Bangkalan.

Pintu jembatan Suramadu ini, kata Suyitno, memang menjadi perhatian khusus petugas, baik di sisi Madura, yakni di Bangkalan ataupun di sisi Surabaya.

Para pemudik bersepeda motor ini kebanyakan dari arah Surabaya, sesuai dengan pelat nomor pada sepeda motor yang mereka gunakan, yakni L.

Ada juga dari Sidoarjo (W), Malang (N), tapi jumlahnya sangat sedikit. Yang dominan adalah pelat nomor Surabaya (L).

Berdasarkan pantauan, sejak pagi, jalur mudik di Madura mulai dari Pamekasan, Sampang hingga Bangkalan, memang dipenuhi oleh pemudik dari luar Madura sesuai dengan pelat nomor kendaraan bermotor yang mereka gunakan.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019