Kupang (ANTARA) - Ribuan umat Islam menggelar Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di Markas Komando Resort Militer (Korem) 161/Wirasakti Kupang di Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu.

Pantauan ANTARA, ribuan umat dari kalangan dewasa maupun anak-anak memadati Lapangan Korem di Jalan W.J. Lalamentik, Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, untuk melaksanakan Shalat Id sekitar pukul 06.15 Wita.

Sejumlah aparat keamanan TNI-Polri bersama para pemuda lintas agama menyebar di sekitar lapangan untuk menjaga kelancaran dan keamanan selama jamaah melaksanakan ibadah.

Shalat Id selama sekitar lebih dari satu jam berlangsung aman dan lancar, dipimpin khatib dan imam Haji Ismail Dean.

Lapangan Korem 161/Wirasakti Kupang merupakan salah satu dari sembilan titik pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di ibu kota provinsi berbasiskan kepulauan itu.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Kupang Ambo pada kesempatan terpisah mengatakan Shalat Id digelar di beberapa tempat di antaranya Lapangan Markas Polda NTT, Lapangan Satuan Brimob Polda NTT, Lapangan TNI-AU di daerah itu.

Selain itu, Masjid Nurul Hikmah Tenau, Masjid Raya Nurussa'adah Kota Kupang, halaman parkiran Lippo Plaza, dan Lapangan Kantor Wali Kota Kupang.

Dengan pertimbangan banyaknya umat Islam yang melaksanakan Shalat Id maka pihaknya juga merekomendasikan sekitar sembilan masjid di berbagai tempat di daerah itu menyelenggarakan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah.

Sejumlah masjid itu, di antaranya Masjid Darul Hijrah BTN Kolhua, Masjid Al Iklas Lasiana, Masjid Oesapa, Masjid Al Fitra Oesapa, Masjid Kelapa Lima, Masjid Al Fattah Bonipoi, Mesjid Kampung Solor, Masjid Lasikode, Masjid KH Ahmad Dahlan.

Ia berharap umat Islam setempat dapat menggelar Shalat Id dengan tenang dan lancar serta merayakan Idul Fitri dalam suasana hikmat serta penuh persaudaraan.
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019