Utamakan perintah wajib, menjadi Muslim harus siap bersusah payah, tunduk pada perintah Allah, namun tuntunan itu akan sangat bermanfaat
Muntok, Babel (ANTARA) - Khotib Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah di Masjid Al Hidayah Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak masyarakat untuk memenuhi perintah Allah untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

"Dalam Islam seluruh tatanan kehidupan sudah diatur sedemikian rupa untuk kehidupan yang lebih baik, mulai perkara kecil hingga sosial kemasyarakatan ada tuntunannya," kata Ustadz Hajirin Saputra saat menjadi khatib dalam Shalat Id di tempat itu di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan segala aturan dan perintah Allah dalam ajaran Islam demi kebaikan bersama dan akan berguna untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Menurut dia, banyaknya tuntunan dan aturan merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada manusia agar umat terhindar dari keburukan karena keburuhan akan mendatangkan sengsara.

"Ibaratnya orang tua memberi hukuman dan aturan kepada anak merupakan bentuk perlindungan untuk kebaikan masa depan anak dan memperbaiki kondisi manusia itu sendiri," ujarnya.

Ia mengajak umat Muslim teguh memegang ajaran Islam agar tidak tertipu berbagai kesenangan di alam kehidupan dunia ini, tetapi fokus pada akhirat atau kehidupan setelah mati.

"Segala tindak tanduk, pangkat, jabatan di dunia tentunya akan dipertanggungjawabkan setelah mati," katanya.

Untuk mewujudkan kehidupan manusia yang lebih baik, dia mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengutamakan perintah Allah dengan penuh semangat.

Ia mengatakan kegairahan aktivitas ibadah seperti pada awal puasa membuat senang dan bangga karena jumlah dan kualitasnya bertambah. Hal itu patut dipertahankan dan kalau bisa terus ditambah.

"Utamakan perintah wajib, menjadi Muslim harus siap bersusah payah, tunduk pada perintah Allah, namun tuntunan itu akan sangat bermanfaat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019