Jayapura (ANTARA) - Pelaksanaan salat Id di berbagai tempat di Kota Jayapura, Provinsi Papua, berjalan aman dan lancar, kata Wakil Wali Haji Rustan Saru.

"Pada Idulfitri 1440 Hijriah, kita bersyukur kepada Allah Swt. karena salat Id di semua tempat di Kota Jayapura dapat berjalan aman dan lancar," kata Rustam Saru usai salat Idulfitri bersama ribuan orang di Lapangan Detazemen Zeni Tempur 10 Waena, Rabu.

Menurut dia, salat Id yang berjalan aman dan lancar ini juga berkat dari semua pihak, baik panitia, aparat keamanan, maupun umat yang lain, untuk membantu dalam rangka memberkan perlidungan terhadap warga yang melaksanakan salat Id di tempat-tempat ibadah dan lapangan.

"Untuk itu, saya menyampaikan terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi sehingga salat Id di Jayapura bisa berjalan dengan lancar, aman, dan damai," katanya.

Melalui momentum Idulfitri ini, dia mengajak umat Islam di Kota Jayapura yang telah melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh agar menciptakan kondisi yang lebih aman, lebih kondusif, tertib, dan aman dalam rangka menjaga hubungan baik antarumat beragama di daerah ini.

"Kita ciptakan situasi yang tertib, situasi yang damai, tidak menciptakan sesuatu yang propokatif, dan tidak menciptakan sesuatu yang memecah belah. Mari bersatu untuk menjaga keutuhan NKRI di tanah Papua," katanya.

Ia juga mengajak seluruh warga kota itu agar menjaga kebersihan dan keamanan kota agar bersih dan aman terkendali.

"Yang terakhir yang saya mau sampaikan kepada semua pihak bahwa ini rumah kita, ini honai kita, ini istana kita, mari jaga kebersihan kota, mari jaga keamanan kota agar bisa bekerja dengan tenang dan aman tanpa ada gangguan apa pun profesi kita," katanya.

Pewarta: Musa Abubar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019