Dinkes Sambas tetap maksimalkan layanan saat liburan Lebaran

COVID-19 Task Force chief performs Eid prayers at BNPB Building
Seorang pengendara mobil di tengah mengecek kesehatannya di posko kesehatan Jasa Marga pada Jumat (31/5/2019). (ANTARAnews/ Abdu Faisal)
Dinkes Sambas Tetap Maksimalka (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, dr Fattah Maryunani mengatakan pihaknya tetap memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat saat libur Lebaran baik di tingkat puskesmas maupun rumah sakit.

"Walaupun ada cuti bersama saat Lebaran dipastikan untuk pelayanan kesehatan seperti di Puskesmas dan rumah sakit tetap akan memberikan pelayanan," ujarnya di Pontianak, Kamis.

Dikemukakannya bahwa agar masyarakat dapat terlayani walaupun dalam waktu cuti bersama pihaknya sudah membuat jadwal yang menjadi dasar untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat selama libur lebaran.

"Kita tetap buka, kita bikin jadwal jaga pelayanan, jaga dinas poli rawat jalan. Ini konsekuensi dinas kesehatan, seperti kabid atau kepala dinas tidak libur," katanya.

Disebutkan guna memastikan tersedianya layanan kesehatan, dinas kesehatan kata Fattah akan melakukan sidak.

"Pasti libur Lebaran kita Sidak ke Puskesmas," ucapnya.

Sementara untuk sarana dan prasarana diungkapkan oleh kadis, telah disiagakan sejumlah mobil ambulans terutama di posko pelayanan yang dibentuk oleh Pemkab Sambas.

"Untuk Lebaran pasti kita siaga. Kalau yang ambulans kita siapkan di posko, terutama wilayah yang besar seperti Sambas, Tebas, Pemangkat dan Selakau," kata Fattah.

Ditambahkan nya, selain ambulans di setiap puskesmas yang disiagakan. Terdapat juga ambulans layanan 119.

"Pastinya di kota Sambas ada 3 ambulans, kita juga ada PSC yang selalu siap. Misal ada sakit gawat darurat kita bisa nelpon ke Public Safety Centre (PSC) 119, yang sifatnya gawat darurat silakan telepon, " sebutnya.

Turut dikemukakan olehnya untuk rumah sakit juga akan buka untuk memberikan pelayanan.

"Rumah sakit tetap buka, kalau IGD juga tetap buka. Untuk pelayanan yang poliklinik, kita lihat jadwal dari dokter spesialis. Kan ada dokter spesialis yang cuti, kita koordinasi dengan Direktur RSUD yang ada di Kabupaten Sambas," kata Kadis.

Sementara itu, satu di antara masyarakat Sambas, Zahar menyambut baik dengan siaga nya pelayan kesehatan. Menurutnya hal itu tentu membantu masyarakat untuk berobat dan lainnya.

"Namanya sakit tidak mengenal waktu termasuk saat lebaran. Jadi dengan siaga layanan fasilitas kesehatan tentu membuat masyarakat merasa aman," tambahnya.

Baca juga: Dinkes konsentrasikan Pos Kesehatan di tempat wisata usai Lebaran

Baca juga: Dinkes Lebak siagakan 42 Puskesmas layani selama lebaran


Tidak ada negosiasi hukum bagi pelaku perdagangan satwa dilindungi

Pewarta:
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019