Keluarga Doel selalu kumpul saat Lebaran kedua

Government sets beginning of fasting on May 6
Keluarga besar Si Doel dalam acara silaturahmi Lebaran di kediaman Rano Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2019) (ANTARA News/Maria Cicilia Galuh)
Jakarta (ANTARA) - Keakraban keluarga besar Si Doel selalu tampak pada hari kedua Lebaran karena mereka selalu melakukan ritual silaturahmi sejak 1990an.

"Ini bukan open house ya, kumpul-kumpul aja. Tapi kalau hari kedua Lebaran, biasanya emang kedatangan tamu. Cuma kebetulan lagi promo, ya sekalian silaturahim," kata Rano Karno sang pemeran Si Doel saat ditemui di kediamannya di Jakarta, Kamis.

Rano Karno, Mandra, Suti Karno, Adam Jagwani, Rey Bong dan Kurtubi menikmati kebersamaan mereka dalam merayakan Idul Fitri pada hari kedua Lebaran.

Bagi Mandra, berkumpul di Hari Raya bersama keluarga besar Doel adalah sebuah kegiatan rutin. Dia berharap silaturahmi itu tidak sampai terputus.

Baca juga: "Mak Nyak" sedih setiap dengar suara takbir Idul Fitri

"Buat kami mah kagak aneh. Ada kegiatan, kagak ada kegiatan, ya kumpul aja. Kalau makanannya mah biasa aja, tapi yang enggak boleh kita hilangin ya silaturahminya," ujar Mandra.

Mandra datang bersama keluarganya dan membawa makanan khas Betawi seperti dodol dan uli.

"Ini dibawain sama bang Mandra. Kalau enggak Lebaran mah, ya enggak bakal bikin dodol. Ada Uli juga dibawain," jelas Rano sambil menunjuk dodol yang dibawa Mandra.

Selain ritual berkumpul pada hari kedua Idul Fitri, Rano dan keluarga besar Doel biasanya juga melakukan ziarah ke makam Benyamin Sueb.

"Sebelum puasa sih, nyekarnya (ziarah). Kalau lagi Lebaran gini ya buset dah, bukannya kami yang ngedoain, malah didoain orang-orang," ujar Rano.

Baca juga: Rano Karno sempat ingin sudahi "Si Doel" saat Benyamin meninggal

AntaraKita - Doel pilih Sarah atau Zaenab?

Pewarta:
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019