Bandarlampung (ANTARA) - Arus balik pemudik dari Sumatera ke Pulau Jawa tampak ramai melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, pada Sabtu atau "H+2" Lebaran 2019.

Berdasarkan pantauan di sejumlah titik Jalan Tol Trans Sumatera di wilayah Lampung, kendaraan arus balik pemudik dengan sarat muatan, ramai melaju kencang menuju Pelabuhan Bakauheni, untuk selanjutnya menyeberang ke Pelabuhan Merak, Banten, menggunakan kapal feri.

Dari Pelabuhan Merak, para pemudik arus balik akan melanjutkan perjalanannya ke berbagai daerah di Jawa, terutama Jabotabek, Bandung, Semarang dan Yogyakarta.

Kendaraan arus balik umumnya didominasi kendaraan pribadi, yang melaju dari arah Terbanggi Besar dan Palembang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Sementara itu, gerbang tol (GT) dengan akses terdekat ke Kota Bandarlampung, seperti GT Kota Baru dan GT Lematang, juga padat dengan kendaraan arus balik.

Kendaraan dari kedua gerbang kedua tol itu banyak yang melaju menuju Pelabuhan Bakauheni, dan juga sarat muatan.

Selain itu, di GT Kota Baru dan GT Lematang juga ramai dengan arus kedatangan kendaraan, terutama mobil arus balik ke Kota Bandarlampung, serta kendaraan asal Palembang yang hendak berliburan ke Lampung

Arus kendaraan di GT umumnya macet karena banyak pengendara mengisi e-toll BNI menjelang pintu keluar atau pintu masuk. Bagi pengguna e-toll bank lainnya, bisa menambah saldo kartu tol eletroniknya di mal atau toko swalayan terdekat.

Sabtu dan Minggu diperkirakan puncak arus balik di Jalan Tol Trans Sumatera ruas Palembang Sumsel-Bakauheni Lampung, karena para karyawan pada Senin sudah bekerja kembali.

Pewarta: Hisar Sitanggang
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019