Sepeninggal almarhum ayahnya H.Hamzah, tradisi silaturahim ketemu dengan masyarakat di momentem hari raya terus dihidupkannya hingga saat ini
Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru melaksanakan "open house" dan silaturahmi Idul Fitri (Lebaran) 1440 Hijriah di kampung halamannya, yakni di Desa Sidomulyo BK 9 Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.

Gubernur Sumsel dalam keterangan yang diterima di Palembang, Minggu mengatakan, dirinya kembali mengenang saat masih kecil yang dinilainya sulit untuk dilupakan.

Bahkan gubernur mengaku sangat rindu dengan suasana saat masih kecil di desa kelahirannya Sidomulyo.

Karena itu, sepeninggal almarhum ayahnya H.Hamzah, tradisi silaturahim ketemu dengan masyarakat di momentem hari raya terus dihidupkannya hingga saat ini.

Apalagi dirinya sebagai pemimpin tidak boleh ada sekat pembatas dengan rakyat.

Artinya selaku seorang umaro harus dekat dengan rakyat yang dipimpinnya.

"Acara 'open house' atau halal bihalal seperti ini sudah sering kita lakukan. Tradisi ini, dulu dilakukan ayah saya. Sepeninggal beliau tradisi ini terus kami lanjutkan bukan saja saat masih menjabat bupati." katanya.

Begitu juga saat menjadi gubernur, ia menyempatkan untuk menggelar "open house" di desa kelahiran.

Gubernur mengucapkan terima kasih atas kehadiran para tamu yang sudah hadir dalam "open house" itu. Bahkan jumlah tamu yang hadir, lanjut dia, mencapai 6 ribu orang lebih.

"Saat saya menjabat bupati dulu ada sekitar 5 sampai 6 ribu orang datang. Hari ini juga sama bahkan lebih ramai. Ini tandanya silaturahmi di antara kita tetap terjaga dengan baik. Terima kasih kami untuk warga Ogan Komering Ulu Timur," katanya.

"Open house" gubernur di Belitang kali ini selain dihadiri masyarakat umum juga dihadiri kalangan pejabat dil ingkungan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, di antaranya Wakil Bupati Feri Antoni, kepala OPD, camat, lurah dan kades serta tokoh agama dan tokoh masyarakat daerah setempat.

Momen perjumpaan dengan gubernur Sumsel kali ini juga tidak disia-siakan oleh warga. Banyak di antaranya yang memanfaatkannya untuk berswa foto ria dengan gubernur kebanggan mereka.

Selain itu,  kalangan tamu yang hadir juga disuguhi aneka makanan dan minuman dengan kapasitas tempat yang sangat memanjakan para tamu yang datang guna bersilaturahmi.

Sebelumnya gubernur sempat menggelar "open house" Idul Fitri 1440 Hijriah dengan kalangan warga masyarakat Kota Pelembang, kepala dinas, Forkompinda dan kalangan kepala daerah di Sumsel.

Sementara dalam silaturahim di kampung halaman tersebut gubernur dan istri anak, menantu dan cucu serta keluarga menyambut para tamu dengan hangat dengan berjabat tangan, berpelukan disertai candaan dan gelak tawa.

Suasana akrab dan penuh dengan rasa kekeluargaan seperti ini bukanlah hal yang baru bagi mantan Bupati Ogan Komering Ulu Timur itu mengingat Herman Deru memang dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat dekat dengan rakyat.


Baca juga: Gubernur Sumsel tinjau arus mudik Idul Fitri


Baca juga: Pemprov Sumsel imbau masyarakat tidak gunakan motor untuk mudik

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019